Wujudkan Zero Konflik, Kemenag Sumsel Launching Gerakan Moderasi Beragama

IMG_20211012_205247

Palembang, Sriwijaya Media- Guna mewujudkan zero konflik di Kota Palembang, Kemenag Sumsel bersama Kemenag Kota Palembang melaunching Gerakan Moderasi Beragama Kota Palembang tahun 2021, di Aula MAN 3, Selasa (12/10/2021).

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Dr H Mukhlis Sudin, MA., menuturkan, Kota Palembang adalah satu satunya kota yang melaunching Gerakan Moderasi Beragama ini.

Bacaan Lainnya

“Saya mengapresiasi Bapak Walikota Palembang dan Kemenag Kota Palembang yang bisa melakukan ini. Sehingga Sumsel khususnya Kota Palembang bisa mewujudkan zero konflik. Sehingga tidak ada konflik internal, eksternal dan dengan pemerintah. Ini harus kita jaga zero konflik,” ujarnya.

Menurut dia, launching Gerakan Moderasi Beragama ini sangat luar biasa karena ada penyuluh agama.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Palembang Deni Priansyah, S.Ag., M.Pdi., menuturkan, Gerakan Moderasi Beragama ini adalah program Kemenag. Ada tujuh program Kemenag, salah satunya moderasi beragama.

“Kita bekerjasama dengan GP Ansor dalam mewujudkan keberagaman beragama. Kita melibatkan seluruh agama yang diakui di Indonesia. Setelah launching ini, penyuluh agama langsung terjun ke masyarakat. Kita minta mereka memberikan bimbingan, terarah, tidak terjadi konflik. Sehingga Palembang bisa zero konflik,” bebernya.

Dia melanjutkan moderasi beragama ini sebagai bentuk hadirnya pemerintah dalam memberikan kenyamanan, sesuai dengan Pasal 29 ayat 1 dan 2, dimana kewajiban seluruh umat mewujudkan kerukunan beragama.

Setelah launching ini, sambung Deni, akan ada tindaklanjut pembinaan majelis taklim untuk yang beragama Islam, dan pembinaan mingguan untuk agama lain.

“Nanti kita membuat rumah moderasi beragama yang menampung keluh kesah umat yang ada. Ini rumah bersama. Rumah moderasi. Umat-umat lain bergabung di rumah moderasi yang di pusatkan di Kemenag Palembang,” paparnya.

Staf Ahli Walikota Bidang Pemberdayaan Sosial dan Masyarakat Zanariah mengatakan, Pemkot Palembang mendukung gerakan Moderasi Beragama untuk menciptakan kerukunan umat beragama di Palembang.

“Kita mendukung kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kerukunan umat beragama agar zero konflik,” jelasnya.

Terpisah, Pimpinan Cabang GP Anshor Palembang Momon Wahyudi menambahkan, pihaknya bersyukur Kemenag Palembang mendukung kegiatan ini.

“Ini sudah dari dulu dilaksanakan GP Ansor, karena memiliki kaderisasi beragama. Kita wujudkan kecintaan terhadap Pancasila, dan keutuhan NKRI. Terima kasih Kemenag Palembang yang selalu mendukung GP Ansor dalam menjaga kerukunan umat beragama,” pungkasnya. (Ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *