Kunjungi Mura, Menteri Desa PDTT Ingatkan Penggunaan DD Tepat Guna dan Sasaran

IMG_20211113_210853

Musi Rawas, Sriwijaya Media – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Mura, Sabtu (13/11/2021).

Tujuan Gus Halim, sapaan akrabnya ini guna memastikan program prioritas di Kementerian Desa PDTT berjalan dengan maksimal.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikannya saat melakukan panen raya padi sawah di Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Mura.

Menurut dia, anggaran Dana Desa (DD) akan tetep berjalan, karena itu merupakan amanat undang-undang.

“Selagi undang-undangnya masih berlaku, penyaluran DD akan tetap dilakukan,” kata Menteri.

Namun, ia mengingatkan pengunaan DD harus tepat guna dan sasaran, agar meningkatkan perekonomian masyarakat.

“DD bisa digunakan untuk pengelolaan BUMDes. Tapi, tidak boleh mengganggu usaha masyarakat. Karena itu akan berdampak dengan menurunnya perekonomian masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Mura Hj Ratna Machmud menyampaikan pihaknya bangga atas kunjungan Menteri Desa PDTT. Karena kunjungan itu dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Terlebih, Kabupaten Mura merupakan salah satu daerah sentra produksi beras di Provinsi Sumsel.

Karena, dari 14 kecamatan yang ada, sebanyak 6 kecamatan merupakan wilayah penghasil beras, yakni Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Muara Beliti, Sumber Harta, Megang Sakti dan Kecamatan STL Ulu Terawas.

Terkait keberadaan BUMDes, masih kata Bupati, telah berdiri 184 BUMDes dengan jenis usaha beragam, mulai dari pelayanan, penyewaan, usaha pengantaran, bisnis produksi dan bisnis keuangan.

Kegiatan panen raya padi sawah ini dihadiri Dirjen Pemdes Kemendes PDTT, perwakilan Gubernur Sumsel, unsur Forkopimda, para kepala desa (kades) dan lainnya. (mus/rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *