Plh Bupati OKU Terima Audiensi Satgas Anti Pungli dan Tipikor BPI KNPA RI

IMG_20211130_210839

Baturaja, Sriwijaya Media – Ketua Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Rimbun Jaya beraudiensi dengan Plh Bupati OKU Drs H Edward Candra, MH., di Pemkab OKU, Selasa (30/11/2021).

Selain bersilaturahmi, kedatangan BPI KPNPA RI sekaligus memperkenalkan keberadaan organisasi BPI KPNPA RI DPD OKU.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Ketua BPI KPNPA RI DPD OKU Rimbun Jaya memaparkan visi misi BPI KPNPA RI, diantaranya BPI KPNPA RI menghasilkan dan melahirkan kader-kader bangsa yang memiliki serta berkepribadian Pancasila sejati, nasionalis, demokratis dan berbudi luhur.

“Keberadaan BPI KPNPA RI adalah untuk menghasilkan dan melahirkan manusia yang memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap hukum dan HAM, lingkungan hidup, bencana alam, kesehatan, pendidikan serta sosial budaya yang tumbuh berkembang ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, turut serta mewujudkan masyarakat sadar hukum sehingga dengan sendirinya dapat mengambil keputusan terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah di wilayah nya masing-masing.

Turut berperan aktif didalam menjaga kedaulatan NKRI, kelestarian alam ekosistem baik di laut maupun di darat di seluruh wilayah NKRI.

Sedangkan misi BPI KPNPA RI ialah membantu pemerintah didalam menciptakan keseimbangan alam, habitat hidup flora dan fauna di seluruh Indonesia, membantu pengusaha, masyarakat, pekerja pemerintah didalam penyelarasan kepentingan dan hak di dalam perburuhan.

“Bukan itu saja, kami juga membantu pemerintah dan masyarakat dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan generasi muda untuk mendapatkan pendidikan layak, berkualitas dan bermoral. Sebagai lembaga sosial kontrol yang konstruktif terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah dengan membantu dalam menyelamatkan keuangan negara dengan melaporkan kepada instansi terkait, sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang,” terangnya.

Bahkan, pihaknya turut serta membantu pemerintah didalam menyelamatkan keuangan negara, dengan mengawasi atas jalannya proyek-proyek serta penyerapan anggaran, baik di tingkat BUMN dan swasta.

Sementara itu, Plh Bupati OKU Drs H Edward Candra, MH., mengapresiasi keberadaan organisasi BPI KPNPA RI OKU dan BPI KPNPA RI merupakan mitra kerja pemerintah dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

“BPI KPNPA RI ini merupakan bagian dalam Kemitraan strategis bagi kejaksaan, aparat penegak hukum lainnya dan membantu pengawasan kinerja pemerintah yang bersih, transparansi dan akuntabel,” paparnya.

Menurut Edward, BPI KPNPA RI sangat dibutuhkan oleh Pemkab OKU untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan Kabupaten OKU lebih maju.

Bupati juga berkomitmen bersama masyarakat mengawasi keuangan negara maupun keuangan daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (Ocha/rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *