DPR Setujui M Herindra sebagai Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Ketua DPR RI Puan Maharani, dalam konferensi pers usai fit and proper testtest, Rabu (16/10/2024)/sriwijayamedia.com-adjie

Sriwijayamedia.com – DPR RI menyetujui Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

Persetujuan tersebut dihasilkan dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, bertempat di ruang Komisi I DPR RI, Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah baru saja kami pimpinan DPR bersama dengan tim perwakilan dari semua fraksi yang ada di DPR melakukan pertimbangan atau fit n proper terkait dengan Calon Kepala BIN atas nama Bapak Muhammad Herindra, yang mana hasil dari pertimbangan tersebut menyatakan bahwa Bapak Muhammad Herindra sebagai satu – satunya calon Kepala BIN, dinyatakan kami terima,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani, dalam konferensi pers usai fit and proper test.

Puan menjelaskan, selanjutnya, hasil fit and proper test Calon Kepala BIN ini akan disahkan dalam rapat Paripurna DPR RI, Kamis (17/10/2024) besok.

“Insyallah paripurna untuk menyatakan terkait dengan kesiapan bahwa calon Kepala BIN yang akan datang ini, kita akan lakukan Paripurnanya besok, Hari Kamis,” ungkap Puan.

Menurut Puan, setelah pengesahan di Paripurna, Pimpinan DPR RI akan langsung berkirim surat kepada Presiden, agar calon Kepala BIN bisa segera dilantik oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Setelah ini (paripurna), kemudian akan saya atau Pimpinan DPR berkirim surat kepada Pemerintah. Bahwa nanti pelantikannya itu kapan, ya kami akan serahkan kepada Pemerintah,” pungkasnya.

Diketahui, DPR RI menerima Surat Presiden (Surpres) tentang permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan Kepala BIN, yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada DPR melalui Surat Presiden RI No 51 tanggal 10 Oktober 2024. Nama calon Kepala BIN yang diusulkan yaitu Muhammad Herindra, yang saat ini menjabat Wakil Menteri Pertahanan. (Adjie)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *