Astra Motor Sumsel Bagikan Tips Persiapan Sebelum Mulai Touring

Astra Motor Sumsel membagikan beberapa langkah penting dalam persiapan sebelum memulai touring/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com -Astra Motor Sumatera Selatan (Sumsel) membagikan beberapa langkah penting dalam persiapan sebelum memulai touring.

Dengan persiapan yang matang, kegiatan touring dapat menjadi momen tak terlupakan yang memperkuat solidaritas dan kebersamaan antar peserta.

Bacaan Lainnya

“Rencana perjalanan, kelancaran perjalanan sesuai rencana menjadi hal yang penting. Maka, sebelum memulai touring, penting untuk merencanakan jam keberangkatan, jalur yang akan dilalui serta lokasi untuk beristirahat dan mengisi bensin. Selain itu, penting juga untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok touring,” kata Community & Safety Riding Advisor Astra Motor Sumsel Tomy Haryanto,  Senin (28/10/2024).

Selanjutnya legalisasi. Memperoleh izin dari pihak berwenang merupakan langkah penting untuk memastikan perjalanan berlangsung aman dan nyaman.

Dia melanjutkan izin ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan informasi terkini tentang jalur perjalanan dan lokasi yang akan dituju.

Hal ini membantu untuk mengantisipasi kemungkinan penutupan jalur yang tidak terduga, dan hambatan lainnya.

Tahap selanjutnya adalah delegasi atau menentukan anggota panitia yang akan bertanggung jawab selama perjalanan.

“Posisi yang perlu diisi meliputi road captain, pemandu rombongan dari titik kumpul hingga ke tempat tujuan,” paparnya.

Kemudian sweeper yang bertugas mengatur laju kelompok sesuai arahan dari road captain, safety officer, melakukan briefing dan memeriksa beberapa hal, termasuk kondisi motor, barang bawaan, perlengkapan berkendara setiap peserta.

Lalu technnical officer bertugas memberikan bantuan jika terjadi kesalahan teknis pada motor, health officer, membawa perlengkapan P3K dan memberikan pertolongan pertama kepada peserta yang membutuhkan.

“Sosialisasi. Tahap ini penting untuk menyampaikan informasi secara menyeluruh kepada peserta mengenai agenda touring. Informasi yang disampaikan mencakup lokasi tujuan, jalur yang dilalui, dan anggota panitia yang didelegasikan sebagai penanggung jawab selama perjalanan,” urainya.

Dengan demikian, semua peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti kegiatan dengan lancar.

Lalu administrasi. Panitia akan mengumpulkan data para peserta agar memudahkan panitia dalam mengoordinasikan dan memperkirakan estimasi biaya untuk kebutuhan perjalanan touring. Seperti, bahan bakar, makan dan minum, serta penginapan.

Dia menekankan pentingnya membekali peserta dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai keselamatan berkendara.

“Satu hal penting lain yang jangan sampai terlewat adalah memahami aturan keselamatan berkendara agar touring berjalan dengan aman dan nyaman. Salah satu caranya dengan mengikuti pelatihan safety riding yang sudah menjadi agenda rutin Astra Motor Sumsel ke seluruh lapisan warga Sumsel,” jelasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *