Paslon Wako dan Wawako Deklarasi Damai, Pj Wako Palembang Harapkan Hal Ini

Pj Wako Palembang Ucok Abdulrauf Damenta bersama Kapolrestabes Palembang Kombes Harryo Sugihartono dan para paslon menyatakan komitmen menyelenggarakan kampanye damai yang terangkum dalam deklarasi damai/sriwijayamedia.com-wan

Sriwijayamedia.com- Pasca penetapan nomor urut paslon Wali Kota (Wako) dan Wakil Wali Kota (Wawako) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, kini ketiga paslon berkomitmen untuk menyelenggarakan kampanye damai yang terangkum dalam deklarasi damai pemilihan Wako dan Wawako serentak tahun 2024, berlangsung di Palembang, Selasa (24/9/2024).

“Besok pada Rabu 25 September sampai 23 Nopember 2024 memasuki tahap kampanye dari paslon. Tentunya kita bersama-sama bertanggung jawab untuk menjaga keharmonisan dan situasi damai,” kata Pj Wako Palembang Ucok Abdulrauf Damenta.

Bacaan Lainnya

Pj Wako melanjutkan suksesnya pelaksanaan pilkada bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu saja, tetapi juga tanggung jawab semua pihak, termasuk peserta, partai politik (parpol) pengusung, Tim Pemenangan dan seluruh elemen masyarakat Kota Palembang.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak dapat mengawal agar semua tahapan dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

“Saling mengkritik boleh, tetapi tidak boleh menjelek-jelekkan. Adu argumentasi boleh saja, tapi tanpa harus saling menjatuhkan. Pemilihan yang berlangsung harus berjalan lancar dan tetap jaga kondusifitas wilayah,” terangnya.

Dia berharap pelaksanaan pilkada harus mampu menciptakan suasana damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi bermartabat, agar masyarakat nyaman dalam menentukan haknya untuk memilih.

Para peserta pemilihan juga diharapkan dapat mematuhi dan menaati segala bentuk dan ketentuan berlaku.

“Kami menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu SARA dalam pelaksanaan Pilkada 2024. Marilah kita ciptakan pemilihan yang damai, berkualitas, dan berintegritas. Mari kita berikan edukasi dan memotivasi masyarakat agar datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Ditempat sama, Kapolrestabes Palembang Kombes Harryo Sugihartono menambahkan penyelenggaraan Pilkada Kota Palembang 2024 harus berjalan aman dan lancar. Terlebih susah dilakukannya deklarasi damai.

“Seluruh camat, lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kota Palembang
yang hadir dalam Deklarasi Damai ini memiliki tanggung jawab dalam mengamankan serta menjunjung sikap netralisasi TNI, Polri dan ASN,” papar Kapolrestabes.

Diaisi lain, guna mempersiapkan agenda kampanye yang akan dimulai pada Rabu (25/9/2024), Ketua KPU kota Palembang Syawaludin akan melakukan penjadwalan titik lokasi kampanye yang akan dilakukan para calon Wako dan Wawako.

“Kita semua mengharapkan agar Pilkada ini bisa berjalan dengan lancar. Semoga pilkada serentak 2024 ini dapat sukses secara prosedural dan substansional, dengan menghasilkan pemimpin Kota Palembang yang aspiratif dan mampu membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Palembang,” harap Syawaludin.(wan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *