KPU OKI Verifikasi Administrasi dan Faktual Keabsahan Ijazah Paslon Pilkada 2024

Divisi Penyelenggaraan KPU OKI Antoni Ahyar/sriwijayamedia.com-jay

Sriwijayamedia.com- KPU OKI melakukan proses verifikasi administrasi maupun faktual terkait keabsahan berbagai berkas dari kedua pasangan calon (paslon) yang mendaftar untuk bertarung di Pilkada 2024.

“Ya, pada 3-4 September lalu kami melakukan verifikasi faktual dan verifikasi administrasi kedua paslon,” kata Divisi Penyelenggaraan KPU OKI Antoni Ahyar, saat dikonfirmasi wartawan, Jum’at (5/9/2024).

Bacaan Lainnya

Untuk memastikan keabsahan berkas pencalonan, kata dia, pihaknya sudah turun langsung melakukan verifikasi faktual ke lembaga pendidikan sesuai ijazah para paslon.

Untuk bacalon Bupati OKI Muchendi Mahzareki menyertakan ijazah S1 dan S2 di Universitas Sriwijaya (Unsri). Sementara bacalon wakilnya Supriyanto menunjukan ijazah di SMAN 1 Mesuji.

Pun demikian bacalon Bupati OKI HM Dja’far Shodiq menyertakan ijazah SMA yang dilakukan verifikasi di Dinas Pendidikan (Disdik). Sementara wakilnya Abdiyanto Fikri menunjukan S1 di Universitas Sjakhyakirti dan S2 di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

“Alhamdulillah hasil verifikasi berkas dinyatakan cocok, dan semua keabsahannya dapat dipertanggung jawabkan,” terangnya.

Untuk tahap selanjutnya masuk ke penetapan pasangan calon (paslon) yang akan dilakukan pada 22 September 2024. Setelah penetapan paslon, pada 23 September 2024 akan dilakukan pengundian nomor urut paslon.

“Setelah itu akan ada deklarasi damai, namun belum tahu tanggal pastinya,” jelasnya. (jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *