Dinas Perikanan Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan dan Sapras ke Kelompok Perikanan

Usai menyerahkan bantuan, Kepala Dinas Perikanan Lahat Ir H Agustia Budiman, MM., bersama Kelompok Perikanan berfoto bersama/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com- Dinas Perikanan Kabupaten Lahat melaksanakan sosialisasi dan penyerahan bantuan secara simbolis untuk Kelompok Perikanan, di Kantor dinas setempat, Rabu (21/8/2024).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perikanan Lahat Ir H Agustia Budiman, MM., menuturkan dalam upaya memanfaatkan potensi perikanan yang besar, pihaknya berusaha meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan dengan cara penyuluhan, memfasilitasi proses pembiayaan, serta membantu sarana dan prasarana usaha perikanan.

Bacaan Lainnya

“Pada kesempatan ini, kami menyerahkan bantuan secara simbolis untuk 39 Kelompok Perikanan,” terangnya.

Bantuan yang diserahkan ialah alat tangkap ikan ramah lingkungan berupa jaring, bubu dan jala untuk 10 Kelompok Perikanan tangkap.

Selain itu, bantuan sarana pendukung penangkapan ikan berupa sepatu boot, kambu, waring, senter dan keranjang ikan untuk 7 Kelompok Perikanan.

Lalu bibit ikan nila, gurame, patin, mas dan lele untuk 16 Kelompok Perikanan Budidaya. Sarana chest freezer untuk 6 Kelompok Pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

“Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi kelompok perikanan,” paparnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Lahat Ichsan Padli, S.IP., MM., mengungkapkan intervensi Dinas Perikanan melibatkan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) kedalam kelompok-kelompok perikanan merupakan tindakan yang sangat baik, sehingga masyarakat penerima PKH juga mendapatkan manfaat dari program pembangunan Kabupaten Lahat.

Dia melanjutkan Pemkab Lahat melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan untuk Kelompok Perikanan Tangkap, Perikanan Budidaya, serta Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan.

“Atas nama Pemkab Lahat, saya berharap bantuan ini dapat dipelihara, dikembangkan dan dikelola dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya, dan masyarakat Kabupaten Lahat secara umum,” harap Ichsan.

Dia juga mengajak semua untuk bergerak bersama agar program kemandirian pangan dan swasembada ikan bisa terwujud.

“Diharapkan pula kepada para Kelompok Perikanan agar selalu berkomunikasi, bertanya dan menyampaikan usulan kepada Dinas Perikanan melalui penyuluh perikanan, demi kemajuan Kabupaten Lahat yang kita cintai ini,” jelasnya.(sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *