Tumbuhkan Kecintaan Budaya Lokal, Dinas Perpustakaan Sumsel Adakan Lomba Bertutur Tingkat SD/MI

Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Sumsel Kurniawan Abadi, SE., MM.,/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com- Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Sumsel Kurniawan Abadi, SE., MM., membuka secara langsung lomba bertutur bagi siswa – siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Provinsi Tahun 2024, di Mall Transmart Lantai I Palembang, Selasa (11/6/2024).

“Saya atas nama Pemprov Sumsel mengucapkan selamat kepada Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel atas upayanya dalam memajukan dunia literasi melalui beragam kegiatan salah satunya kegiatan lomba bertutur siswa-siswi SD/MI Tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024,” ujar Kurniawan Abadi.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir, dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat.

Upaya pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat (UU No 43/2007 tentang Perpustakaan Bab XIII pasal 48 ayat 1).

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual,” ungkapnya.

Selain itu juga keterampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuh kembangkan kegemaran baca anak sejak usia dini.

Menumbuh kembangkan budaya baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti mendongeng, bercerita dan sejenisnya.

“Lomba kali ini merupakan salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran maupun menumbuhkan budaya baca anak karena memberikan pemahaman yang mudah kepada anak-anak,” akunya.

Dia melanjutkan, dengan membaca dongeng, cerita maupun sejenisnya akan menimbulkan daya tarik bagi anak-anak, sehingga sedikit demi sedikit akan menanamkan kebiasaan membaca sejak dini.

Lomba ini merupakan salah satu upaya untuk pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis dikalangan anak-anak.

“Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui kegiatan variatif, meningkatkan kreativitas mengolah dan menyampaikan informasi, menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah serta menumbuhkan kecintaan akan budaya khususnya budaya lokal daerah,” terangnya.

Sinergi dari berbagai pihak telah membantu menyukseskan acara ini, baik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Mall Transmart Palembang maupun SD dan MI.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *