Rakernas Apeksi XVII 2024, Ini Pesan Moril Presiden Jokowi

Presiden RI Joko Widodo, dalam Rakernas Apeksi XVII 2024 di Kota Balikpapan, Selasa (4/6/2024)/sriwijayamedia.com-jay

Sriwijayamedia.com- Dalam memajukan suatu daerah, Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) dan Bupati dituntut memperhatikan dia aspek yaitu menjadikan sebuah kota hijau dan mindset kemajuan sebuah kota dilihat dari banyaknya gedung pencakar langit harus diubah.

Hal itu disampaikan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII 2024 di Kota Balikpapan, dengan mengusung tema “Apeksi untuk negeri Indonesia”, Selasa (4/6/2024).

Bacaan Lainnya

Sebuah kota, kata Presiden, mesti ramah bagi pejalan kaki, disabilitas, pesepeda, bagi perempuan dan anak serta ramah bagi lingkungan.

“Maka dari itu, kota yang memenuhi dua hal tersebut itu baru saya lihat dan rasakan di Kota Balikpapan dan Surabaya,” terang Jokowi.

Ditempat sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menambahkan jika bekerja harus memiliki inovasi dan inovatif agar memiliki terobosan baru dan tantangan dalam bekerja.

“Termasuk dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak baik Gubernur, Wako dan Bupati,” paparnya.

Menyikapi arahan Presiden RI Jokowi, Pj Sekda Palembang Gunawan menambahkan dalam membangun, pihaknya mengedepankan konsep hijau alamnya dan membangun pedestrian, dengan menyiapkan pohon sebagai peneduh untuk pejalan kaki.

“Ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk lebih baik. Karena ada dua kota yang menjadi contoh agar kita bisa memotivasi untuk lebih baik lagi,” jelasnya.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *