Pasar Murah Warnai Hari Jadi Kota Palembang ke 1431

Pj Wako Palembang Ratu Dewa saat memberikan sambutannya dalam gelaran pasar murah, di halaman Kantor Camat Sako, Senin (10/6/2024)/sriwijayamedia.com-jay

Sriwijayamedia.com- Pelaksanaan pasar murah inisiasi Pemkot Palembang mewarnai rangkaian HUT Kota Palembang ke 1431 tahun 2024, berlangsung di halaman Kantor Camat Sako, Senin (10/6/2024).

Berbagai bahan pokok tersedia di pasar murah tersebut. Seperti cabai, gandum hingga beras. Untuk harganya pun sudah dipastikan lebih murah dari harga pasaran.

Bacaan Lainnya

Warga bisa membeli paket 5 kilogram beras dan 1 liter minyak goreng dengan harga Rp 73.000.

Pantauan di lokasi, warga nampak ramai menyerbu stand yang ada di pasar murah.

Dalam kesempatan itu, Pj Wako Palembang Ratu Dewa mengungkapkan bahwa pasar murah ini termasuk dalam rangkaian HUT Palembang.

“Kita ingin program dan kegiatan Pemkot Palembang menyentuh langsung lapisan masyarakat sekaligis menggeliatkan ekonomi di Kota Palembang,” ujarnya.

Dia memaparkan data inflasi di Kota Palembang bulan Mei 2024 adalah sebesar 3,03 persen dengan indeks harga konsumen sebesar 115,72.

Dengan komoditas penyumbang inflasi tertinggi beras 0,48 persen, daging ayam ras 0,38 persen dan emas perhiasan 0,36 persen.

Dia menyebut faktor yang mempengaruhi naiknya angka inflasi ini adalah emas yang ditenggarai oleh melemahnya nilai tukar (kebijakan moneter).

“Beras dikarenakan fenomena el nino atau perubahan cuaca yang tidak menentu. Sementara ayam karena harga yang masih tinggi akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar,” bebernya.

Ratu Dewa juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas dukungan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumsel serta Badan Musyawarah Perbankan Daerah atas terselenggaranya pelaksanaan pasar murah, dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Palembang dan Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Pj Wako mengucapan terima kasih kepada Bulog, produsen dan distributor pangan, agen cabai rawit dan cabai merah di Kota Palembang atas dukungan dan kerja samanya dalam memberikan keringanan harga pangan, khususnya untuk diperjualbelikan di pasar murah ini.

“Dengan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, saya berharap inflasi di Kota Palembang tetap terkendali, sesuai dengan target dan sasaran inflasi nasional serta kesejahteraan masyarakat Kota Palembang dapat terwujud,” jelasnya.(Jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *