Membangun Desa, Kepala DPMD Lahat Minta Pelajari Strategi dan Pahami Rencana

Usai pelatihan, DPMD Lahat bersama perangkat desa berfoto bersama/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lahat Darul Effendi, SE., M.Si., mengingatkan perangkat desa agar dalam membangun desa harus dipelajari strategi dan pemahaman sebuah rencana. Sehingga proses pembangunan berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Hal itu disampaikannya dalam pelatihan peningkatan sumber daya perangkat desa, dalam meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana (sapras) desa, di Kabupaten Lahat, Senin (24/6/2024).

“Untuk mencapai hasil yang diinginkan, salah satunya dengan memahami peraturan dan perundang-undangan, maupun tahapan serta skala prioritas pembangunan sarana dan prasarana desa yang tepat,” pinta Darul.

Melalui pelatihan yang berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) perangkat desa, pihaknya berharap perangkat desa dapat mengembangkan potensi sekaligus menambah pengetahuan.

“Sehubungan dengan itu, kami memberikan sosialisasi ini, mengingat betapa pentingnya manfaat terutama berkaitan dengan pembangunan secara umum,” sebutnya.

Kedepannya perangkat desa diharap memahami materi, termasuk juga ilmu yang ditularkan tersebut, agar dapat diterapkan pada pemerintah desa (Pemdes).

“Peningkatan pembangunan sapras desa sesuai PDTT No 21/2020, Permendagri No 1/2017, No 8/2020 dan peraturan lainnya,” papar Darul Effendi.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penataan Desa pada DPMD Lahat Rosmala Dewi, SE., MM., didampingi Kasi Sapras Desa pada DPMD Lahat Oktaza Andsifa, SE., menambahkan, pelatihan peningkatan sumber daya perangkat desa setidaknya memberikan pemahaman tentang peraturanperaturan ataupun petunjuk teknis (juknis) untuk meningkatkan pembangunan sapras desa, di Kabupaten Lahat.

“Kami harap masing-masing perangkat desa dapat mengimplementasikan setiap jengkal perencanaan pembangunan, guna membawa desa semakin maju dan terdepan. Ini memang menjadi tugas kita semua untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi membuat tampilan wajah desa dari tahun ke tahun semakin membaik, agar terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat,” harapnya.(sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *