Hadirkan Kangen Band di Launching Pilkada, KPU OKI Alokasikan Rp1 Miliar

KPU OKI akan melaunching pilkada OKI dengan mendatangkan Kangen Band/sriwijayamedia.com-ist

Sriwijayamedia.com- Rencananya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan melaksanakan launching pilkada 2024 dengan mengundang band papa atas Kangen Band, pada Rabu 12 Juni 2024 malam, di GOR Biduk Kajang Kayuagung.

Tak tanggung-tanggung, anggaran yang dialokasikan untuk mengundang Kangen Band sekitar Rp1miliar. Dana yang dialokasikan cukup fantastis, ditengah defisit anggaran yang dialami Pemkab OKI.

Bacaan Lainnya

Diketahui, pada pilkada 2024, KPU OKI menerima hibah dari Pemkab OKI sebesar Rp86 miliar ditambah starring KPU Provinsi Sumsel sebesar Rp5 miliar.

Saat ini sekitar 40 persen anggaran sudah dicairkan untuk kebutuhan seluruh kegiatan KPU OKI, termasuk honor pegawai. Dari anggaran tersebut, digunakan untuk launching Pilkada OKI 2024.

Alokasi anggaran untuk mendatangkan artis papan atas tersebut mengundang tanda tanya sebagian masyarakat Kabupaten OKI.

Publik menilai KPU OKI terkesan menghambur-hamburkan anggaran untuk melaunching pilkada OKI.

“Bayangkan saja, ditengah kondisi perekonomian lagi sulit, justru penyelenggara pemilu KPU menghambur-hamburkan anggaran dengan mengundang band papan atas hanya untuk melaunching pilkada. Kemana naluri para penyelenggara KPU,” kata Edi, warga Kabupaten OKI.

Seharusnya, kata dia, KPU dapat melakukan efisiensi anggaran dan membuat program yang menyentuh langsung masyarakat.

“KPU dapat mengajak PPK hingga PPS mensosialisasikan pelaksanaan pilkada OKI ke masyarakat. Jika mengundang artis papan atas tidak begitu efektif dan hanya menghambur-hamburkan anggaran saja,” paparnya.

Komisioner KPU OKI Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik Hadi Irawan membenarkan KPU akan menggelar kegiatan launching pilkada OKI pada 12 Juni 2024 malam, menghadirkan Kangen Band.

“Ya memang kita menggelar acara launching pilkada pada Rabu malam dengan anggaran disiapkan Rp1 miliar,” akunya.

Menurut dia, kegiatan tersebut akan dilaksanakan oleh pihak ketiga, termasuk menyediakan bintang tamu dan artis yang akan tampil pada acara dimaksud.”Anggaran yang disiapkan sebesar Rp1 miliar dan itu sudah melalui prosedur pengadaan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang owner  Event Organizer (EO) dari Palembang yang enggan disebut namanya ini mrngaku untuk membuat acara launching pilkada dengan mengundang artis sekelas Kangen Band dan bintang pendukung lainnya dikisaran Rp400 – 500 juta.

“Saya rasa dengan anggaran seperti itu (Rp1 miliar) banyak lebihnya untuk kegiatan launching pilkada. Namun saya juga tidak tahu apa saja isi didalam acara launching tersebut sehingga anggarannya capai Rp1 miliar,” tuturnya.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *