Bersama Forkopimda, Pj Bupati Lahat Panen Perdana Cabai Serentak

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP., M.Si., bersama unsur Forkopimda melakukan PACAK, di halaman Koramil Pulau Pinang Kabupaten Lahat, Rabu (26/6/2024)/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com- Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP., M.Si., bersama unsur Forkopimda melakukan panen cabai serentak (PACAK), di halaman Koramil Pulau Pinang Kabupaten Lahat, Rabu (26/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP., M.Si., mengungkapkan rasa syukurnya atas panen perdana cabai serentak.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, tiga bulan lalu telah dilakukan, mulai dari persiapan lahan dan lpembibitan serta pemberian pupuk sehingga tanah mendukung untuk tanam cabai berkualitas.

“Dengan adanya panen cabai serentak ini diharapkan dapat berjalan di seluruh perkantoran dan rumah tangga di Kabupaten Lahat. Minimal dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dan mencukupi stok cabai dalam rangka menekan dan mengendalikan inflasi,” terangnya.

Program PACAK ini, masih kata Bupati, merupakan program pemerintah pusat yang diharapkan setiap rumah tangga dapat menanam cabai sehingga ketergantungan cabai di pasaran tidak terlalu tinggi..

Sementara Kepala Dinas TPHP Lahat Rudi Dharma Kurniawan, SE., MM., melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Lahat A Firdaus, SP., MM., menambahkan bahwa panen yang dilaksanakan kali ini merupakan panen perdana dengan hasil yang cukup bagus dan memuaskan.

Tidak hanya di halaman Koramil Pulau Pinang, akan tetapi PACAK juga dilaksanakan di Desa Sukaraja Kecamatan Kota Agung dengan luas lahan 10 hektar dengan panen 15 hari sekali.

“Kami berharap dengan adanya PACAK ini dapat menanggulangi dampak inflasi daerah dan juga dapat meningkatkan pengembangan penanaman cabe selain tanaman pangan serta dengan hasil panen pada hari ini dapat memotivasi para petani dan masyarakat untuk ikut menanam cabai,” harapnya.(sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *