Pj Ketua TP PKK Muba Hadiri Malam Puncak HKG PKK ke 52 di Solo

Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi saat menghadiri puncak peringatan HKG PKK ke 52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024, di Taman Balekambang Solo, Jateng, Kamis (16/5/2024)/sriwijayamedia.com-berry

Sriwijayamedia.com – Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024, di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (16/5/2024) malam.

Acara ini dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iriana Jokowi didampingi pelindung tim penggerak PKK, Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum TP-PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, dan pengurus OASE Kabinet Indonesia Maju.

Bacaan Lainnya

Wali Kota (Wako) Solo sekaligus Wapres terpilih 2024 Gibran Rakabuming Raka juga hadir dalam puncak peringatan HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK tersebut.

Selain Pj Ketua TP PKK Muba, malam puncak HKG PKK ke-52 tersebut juga diikuti para Ketua TP PKK provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia, pengurus TP PKK serta para kader penggerak PKK seluruh Indonesia.

Puncak peringatan HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Iriana Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengatakan, pencapaian pelaksanaan program sampai tahun 2024 dapat tercapai dengan optimal.

Ini karena ada dukungan dari Perpres 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK dan ditindaklanjuti Permendagri 36/2020.

“Sehingga kegiatan-kegiatan kami bisa mencapai target dengan kerja sama kepada semua pihak terutama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” kata Tri Tito Karnavian.

Menurut dia, PKK telah berperan aktif dalam melaksanakan perencanaan program ketertiban administrasi dan pelaporan kegiatan.

Kemudian keluarga sehat tanpa narkoba dan kegiatan keluarga Indonesia sadar administrasi kependudukan serta program penanaman unggul pada anak untuk mencapai generasi emas.

Lalu program pembinaan terhadap industri rumahan untuk mencapai ketahanan ekonomi keluarga.

“Program lain adalah membantu penurunan angka stunting bekerja sama dengan bapak/ibu melalui pemberian makanan tambahan dan pemanfaatan pekarangan dengan menanam tanaman yang membantu keluarga,” terangnya.

Pihaknya juga telah membantu melaksanakan kegiatan yang membantu penurunan angka inflasi dengan gerakan menanam cabai, hingga meningkatkan keterampilan tentang pelaksana rumah tangga dan harmonisasi keluarga melalui keluarga Indonesia sejahtera dan harmonis.

Tri Tito Karnavian menyampaikan, pelaksanaan program keluarga sehat dan tangguh bencana melalui tiga project peduli stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta peduli kesehatan ibu dan anak (KIA).

“Di mana 9 pencapaian itu telah memilih sembilan provinsi terbaik dalam pelaksanaannya,” ungkapnya.

Iriana Jokowi dalam sambutannya menanyakan makanan di Solo yang disukai kepada para peserta yang hadir.

Ibu Negara juga meminta kepada peserta untuk tidak lupa membeli oleh-oleh di Solo sebelum kembali ke wilayahnya masing-masing.

“Apa makanan yang disukai ibu-ibu semuanya?. Dan jangan lupa beli oleh-oleh,” kata Iriana Jokowi.

Sementara Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan bahwa TP PKK Muba akan selalu selaras dengan program-program yang dijalankan oleh PKK pusat dan provinsi dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan keluarga yang bermuara pada penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Muba.

Triana menambahkan dengan adanya event nasional ini bisa dimanfaatkan untuk berbagi pengetahuan. Terutama untuk program PKK di daerah.

“Diharapkan masyarakat Muba dapat merasakan pentingnya keberadaan Tim Penggerak PKK terutama terhadap program untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK dilaksanakan mulai 14-16 Mei 2024, dihadiri 8.083 kader PKK dari Aceh hingga Merauke.

Rangkaian acara HKG PKK dan Jambore Nasional Kader PKK antara lain lomba paduan suara, memasak menu pangan lokal sumber karbohidrat non-beras, senam kreasi dan enam langkah cuci tangan, parade budaya nusantara, lomba cerdas cermat dan lomba kreasi jingle galeri pelangi. (Berry)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *