981 Anggota PPS Dilantik, Ini Arahan Ketua KPU OKI

Sebanyak 981 anggota PPS Pilkada 2024 resmi dilantik langsung oleh Ketua KPU OKI Muhammad Irsan, di Aula MAN IC Teluk Gelam, Minggu (26/5/2024)/sriwijayamedia.com-jay

Sriwijayamedia.com- Sebanyak 981 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2024 resmi dilantik langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI Muhammad Irsan, di Aula MAN IC Teluk Gelam, Minggu (26/5/2024).

Ketua KPU OKI Muhammad Irsan dalam arahannya meminta anggota PPS yang baru dilantik untuk menjalin komunikasi baik dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Bacaan Lainnya

“Anggota PPS yangdilantik hari ini ada orang baru dan lama. Bagi orang lama mungkin sudah paham dengan tugas-tugasnya, tetapi bagi yang baru perlu diarahkan,” terang Irsa .

Menurut Irsan, baik PPK maupun PPS harus lebih memperhatikan dan memperdalam KPPS untuk melaksanakan kerjanya. Jangan sampai terjadi lagi kesalahan-kesalahan berulang dengan alasan kelelahan.

“Kalau kita lihat tugas itu memang melelahkan, tetapi tidak selalu. Seperti contoh jika mencatatkan angka 1, 2 dan 3, namun ditulis 6, maka hal tersebut adalah ketidakmengertian,” ujarnya.

Dia mengaku ketidakpahaman SDM di tingkat bawah menyebabkan adanya potensi kesalahan.

Untuk itu, dirinya bwrharap anggota PPS dapat intens berkomunikasi dengan KPPS agar pelaksanaan tugas dapat berjalan baik dan lancar.

“Alhamdulillah tadi pakta integritas sudah dibaca dan ditandatangani. Jadi, kami mohon kepada teman-teman yang terpilih dapat memahami. Terlepas dari itu semua, kami juga mengucapkan selamat kepada para PPS yang baru saja dilantik,” imbuhnya.

Pada pelantikan ini, masih kata Irsan, ada 4 kecamatan perairan yang anggota PPS-nya mengikuti via zoom diantaranya Kecamatan Air Sugihan, Cengal, Sungai Menang, dan Tulung Selapan.

“Ada 4 kecamatan perairan yang anggota PPS-nya dilantik via zoom, karena memang kondisi mereka jauh sehingga tidak bisa hadir langsung,” jelasnya.

Berikut jumlah PPS yang dilantik dari masing-masing kecamatan, yakni  Kecamatan Tanjung Lubuk 22 desa sebanyak 66 orang PPS ; Kecamatan Pedamaran 14 desa, 42 orang PPS ; Kecamatan Mesuji 17 desa, 51 orang PPS ; Kecamatan Kayuagung 25 kelurahan dan desa, 75 orang PPS ; Kecamatan SP Padang 20 desa, 60 orang PPS ; Kecamatan Pampangan 22 desa, 66 orang PPS ; Kecamatan Lempuing 19 desa, 57 orang PPS ; Kecamatan Jejawi 19 desa, 57 orang PPS ; Kecamatan Pangkalan Lampam 19 desa, 57 orang PPS.

Selanjutnya Kecamatan Mesuji Makmur 19 desa, 57 orang PPS ; Kecamatan Mesuji Raya 17 desa, 51 orang PPS ; Kecamatan Lempuing Jaya 16 desa, 48 orang PPS ; Kecamatan Teluk Gelam 14 desa, 42 orang PPS ; Kecamatan Pedamaran Timur 7 desa, 21 orang PPS ; Kecamatan Tulung Selapan 23 desa, 69 orang PPS ; Kecamatan Air Sugihan 19 desa, 57 orang PPS ; Kecamatan Sungai Menang 18 desa, 54 orang PPS ; Kecamatan Cengal 17 desa, 51 orang PPS.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *