OPINI : Hak Angket dan Prediksi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Taufik Basari/sriwijayamedia.com-ist

Oleh :

Taufik Basari, Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem 

Saat ini ada beberapa fraksi dan anggota fraksi yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi pengaju hak angket.

Saya berharap hak angket ini bisa berjalan sesuai keinginan masyarakat dan berharap kecurangan yang diduga terjadi selama pemilu ini bisa kita selidiki.

Salah satu bahan yang menjadi materi hak angket adalah dugaan pengunaan anggaran sesuai perundang-undangan dan nilai etika dalam berdemokrasi.

Mudah-mudahan dengan semangat yang ada kita bisa mewujudkan hak angket ini.

Peluang terwujudnya hak angket tergantung dari jumlah pengusung hak angket. Karena ini penting dalam pengambilan keputusan.

Karena itu, kita berharap fraksi-fraksi yang pernah menyampaikan keinginannya untuk konsolidasi agar mewujudkannya dalam dukungan hak angket.

Prediksi Pemerintahan Prabowo-Gibran Tak Berumur Panjang

Pemerintah bisa tidak umur panjang.
Apapun hasil pemilu nantinya akan kita hormati, meski kita punya catatan kecurangan selama ini yang bisa jadi objek pengajuan hak angket di DPR RI.

Tentu sulit bagi kita untuk menilai apakah pemerintah bisa akan berjalan pendek atau panjang karena belum kita lihat bagaimana jalanya pemerintahan.

Kita lihat saja jalannya pemerintahan Prabowo-Gibran nanti. Jika ditetapkan, apapun nanti, maka pada pemerintahan periode berikutnya kita berharap ada check and balance dari legislatif sebagai lembaga pengawasan dan pemerintah sebagai pelaksana undang-undang karena itu saya berharap tidak semua parpol dan fraksi bergabung di kepemerintahan supaya check and balance bisa berjalan secara optimal di negara kita.

Saya tidak mau berandai-andai Prabowo turun ditengah jalan. Terlalu jauh untuk berandai-andai. Sikap parpol akan tetap mengikuti situasi yang berjalan dan membantu menjalankan tugas-tugas di DPR RI sebagai bagian dari pengawasan terhadap eksekutif.(santi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *