Gelar Pelatihan Posyantek Desa, Ini Harapan DPMD Lahat

Kasi Tekhnologi Tepat Guna (TTG) DPMD Kabupaten Lahat Tri Afriyani, SE.,/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lahat menggelar pelatihan posyantek desa, di Hotel Buser Lahat, Rabu (13/12/2023).

Kepala DPMD Kabupaten Lahat Darul Efendi, SE., M.Si., mengatakan dalam memanfaatkan serta mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada tetap harus memperhatikan lingkungan dan mengedepankan kepentingan masyarakat tanpa merusak dan mencemarkannya.

Bacaan Lainnya

Namun tetap berinovasi dalam pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna sehingga dapat dirasakan masyarakat hasilnya dan juga meningkatkan nilai jual produk dan usaha masyarakat desa.

“Kami berpesan kepada peserta, baik dari pihak kecamatan maupun Karang Taruna atau kader yang dipercaya dan ditugaskan dalam mengikuti kegiatan ini agar menyampaikan kepada Camat dan Kepala Desa (kades) masing-masing untuk membentuk posyantek desa sebagai upaya optimalisasi SDA yang lestari, memajukan ekonomi desa, penguatan kapabilitas masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Dalam laporannya, Kasi Tekhnologi Tepat Guna (TTG) DPMD Kabupaten Lahat Tri Afriyani, SE., menyampaikan pelatihan posyantek desa ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya pemuda-pemudi, karang taruna sebagai kader pemberdayaan masyarakat di perdesaan, dalam menghadapi tantangan teknologi yang semakin berkembang.

“Pemanfaatan TTG diyakini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai progeuk, perbaikan mutu dan mendorong usaha ekonomi produktif yang efisien dan efektif,” terangnya.(Sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *