Massa BEM SI Aksi di Patung Kuda, Ini Tuntutannya

BEM SI melakukan aksi unjuk rasa, di sekitar Patung Kuda, depan Gedung Indosat Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, pada Jumat (20/10/2023)/sriwijayamedia.com-santi

Sriwijayamedia.com- Ribuan mahasiswa yang bergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) melakukan aksi unjuk rasa, di sekitar Patung Kuda, depan Gedung Indosat Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, pada Jumat (20/10/2023).

Aksi yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia itu nyaris diwarnai bentrokan dengan aparat.

Bacaan Lainnya

Aksi ini merupakan bagian dari evaluasi kerja Joko Widodo (Jokowi) akan kinerjanya selama 9 tahun menjabat sebagai presiden.

Dalam perjalanan 9 tahun Jokowi tersebut, dari 13 butir tuntutan yang diajukan oleh mahasiswa, satu isi terpenting adalah keputusan MK terkait gugatan batas usia cawapres.

Sejumlah mahasiswa berusaha merobohkan barier yakni pagar beton dilengkapi dengan kawat berduri agar bisa merangsek masuk mendekati istana presiden.

Massa juga meminta kepada Kapolres Jakarta Pusat agar membebaskan 12 mahasiswa yang ditangkap di stasiun Gondangdia karena ketahuan ingin mengikuti aksi geruduk istana.

Usai bernegosiasi dengan staf khusus KSP, Yohanes Joko dan para mahasiswa dibebaskan. Aksi unjuk rasa pun akhirnya berakhir dengan damai dan aman.

Berikut 13 point tuntutan BEM SI terhadap kinerja 9 tahun Jokowi sebagai presiden yakni wujudkan pendidikan yang demokratis dan ilmiah ; tegakkan reformasi hukum ; berantas KKN ; tolak Dwifungsi TNI/Polri ; tingkatkan aksesibilitas dan equitas layanan kesehatan ; usut tuntas kekerasan aparat dan konflik di daerah PSN ; wujudkan Pemilu yang adil dan bersih ; putihkan noktah hitam lingkungan ; usut tuntas berbagai pelanggaran HAM berat ; wujudkan pemerataan pembangunan dan pembangunan berdasar HAM ; perbaiki sistem pertanian di Indonesia ; serta tinjau ulang sistem perekonomian Indonesia.(santi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *