Wow, 1.000 Penari Cantik Meriahkan Pesta Pembukaan Porprov XIV Sumsel di Lahat

Sekitar 1.000 penari cantik menampilkan Tari Erai-Erai khas Kabupaten Lahat, dalam pembukaan Porprov XIV Sumsel 2023 di Kabupaten Lahat, Minggu (17/9/2023) malam/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com – Wow luar biasa, sekitar 1.000 penari cantik menampilkan Tari Erai-Erai khas Kabupaten Lahat, dalam pembukaan Pekan olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumsel 2023 di Kabupaten Lahat, Minggu (17/9/2023) malam.

Menariknya, 1.000 penari itu merupakan pelajar dan remaja yang berasal dari Kabupaten Lahat. Para penari yang tampil ini dimotori Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat.

Bacaan Lainnya

Kepala Disdik Lahat Drs Suhirdin, MM., melalui Sekretaris Disdik Lahat Dr Haspersi Susanto, S.Pd., MM., mengatakan kehadiran pelajar dan remaja sebagai wujud dukungan terhadap suksesnya Porprov XIV Sumsel di Kabupaten Lahat.

“Para pelajar dan remaja Lahat dikerahkan untuk memeriahkan pembukaan Porprov Sumsel XIV. Aksi tarian dipadukan dengan kostum pakaian kurung dan khas daerah berwarna warni menambah semarak suasana di bawah cerahnya langit malam di Kota Lahat,” paparnya.

Dia menyebut busana yang dipakai penari dalam membawakan tari Erai-Erai yaitu baju kurung panjang, kain tumpal perahu, pending, anting-anting, serta aksesoris penunjang.

Dia menambahkan tarian itu merupakan tarian khas daerah Kabupaten Lahat yang tercatat dalam registrasi warisan budaya tak benda Provinsi Sumsel.

Tari Erai-Erai merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah etnik Lematang.

Daerah asal tarian ini adalah ex marga Gumay Lembak, ex marga Puntang Suka Merapi, ex marga Pasirah IV Manggul yang selanjutnya menyebar ke beberapa daerah yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

Tari Erai-Erai merupakan tari yang mengungkapkan kegembiraan pada saat panen padi. Disebut Tari Erai-Erai karena Erai-Erai artinya serai serumpun yang melambangkan meski bercerai-berai, namun tetap satu ikatan.(Sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *