Konser “MERDEKA versi Kita”: Merawat Demokrasi untuk Keadilan

LBH Jakarta melangsungkan penggalangan dana melalui konser bertema 'MERDEKA versi Kita' (Merawat Demokrasi untuk Keadilan), di Studio Palem, Kemang-Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2023)/sriwijayamedia.com-santi

Sriwijayamedia.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta melangsungkan penggalangan dana melalui konser bertema ‘MERDEKA versi Kita’ (Merawat Demokrasi untuk Keadilan), di Studio Palem, Kemang-Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2023).

Konser ini didukung oleh Efek Rumah Kaca, Endah N Rhesa, The Jansen, Dongker, Rangkai dan Daily Breeze. Para musisi dan grup musik ini tampil secara pro bono (cuma-cuma) sebagai bentuk komitmen kelompok seniman mendukung akses bantuan hukum bagi masyarakat miskin.

Bacaan Lainnya

Selain acara musik, terdapat pula booth dan mimbar bebas yang dimeriahkan oleh belasan organisasi masyarakat sipil.

LBH Jakarta membuka penggalangan dana melalui penjualan tiket konser dan merchandise (t-shirt), masing-masing senilai Rp150.000. Desain t-shirt terinspirasi dari salah satu lirik lagu ERK yang berjudul ‘Bersemi Sekebun’ oleh seorang illustrator bernama Muhammad Fatchurofi.

Promosi tiket konser dan merchandise telah dipublikasikan sejak 12 Juli 2023 melalui berbagai platform dan media partner. Penjualan tiket dan merchandise dapat diakses melalui https://goers.co/konsermerdeka.

Sesuai visi LBH sejak 1970, merdeka adalah terwujudnya suatu sistem masyarakat yang terbina di atas tatanan hubungan sosial yang adil dan beradab/berperikemanusiaan secara demokratis.

“Maka penting bagi kita sebagai warga negara untuk mengingat kembali cita-cita yang terkandung dalam kemerdekaan, agar memberi semangat untuk melakukan perubahan,” kata Direktur LBH Jakarta Citra Referandum.

Dampak kemunduran demokrasi saat ini, kata dia, terlihat dari jumlah kasus ketidakadilan yang lahir akibat praktik pengelolaan negara yang kian menjauh dari prinsip demokrasi, negara hukum dan hak asasi manusia.

Pada 2022, LBH Jakarta telah menerima 12.447 pencari keadilan dengan 1.034 permohonan bantuan hukum.

“Melalui konser ini pula, LBH Jakarta berupaya menjalin solidaritas antarwarga agar berpartisipasi membantu para pencari keadilan dan mengembangkan kemandirian lembaga. Sekaligus mengajak masyarakat menarasikan kembali arti kemerdekaan versi rakyat yang selama ini menjadi korban kemerdekaan semu sebagaimana digaungkan penguasa atas nama pembangunan,” tutur Citra.

Seluruh pendapatan atas penjualan tiket dan merchandise akan digunakan untuk mendukung kerja-kerja LBH Jakarta dalam memberikan bantuan hukum bagi masyarakat yang membutuhkan, serta untuk terus memperjuangkan keadilan dan demokrasi di Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dan masyarakat yang senantiasa mendukung kerja-kerja LBH Jakarta,” terang Kepala Bidang Kemandirian Dana & Data LBH Jakarta Khaerul Anwar.(Santi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *