Sagarurung Festival 2022, Cara Pemkab PALI Kenalkan Ikan Asap Bumbu ke Publik

Bupati PALI Ir H Heri Amalindo berfoto bersama di kegiatan Sagarurung Festival 2022, di lapangan Sanggar Pramuka, Senin (12/12/2022)/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com – Kegiatan Sagarurung Festival 2022 dalam rangka pemecahan rekor manggang dan makan ikan asap bumbu Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terbanyak dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, di Lapangan Sanggar Pramuka Kabupaten PALI, Sumsel secara resmi dibuka, Senin (12/12/2022).

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Bupati PALI Ir H Heri Amalindo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Dr H Aufa Syahrizal, Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Sumsel Amiruddin, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Sumsel H Herlan Asfiudin, dan tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Bupati PALI Ir H Heri Amalindo menyatakan adapun rangkaian kegiatan Sagarurung Festival 2022 diisi dengan pameran UMKM, lomba fashion show anak, pertunjukan seni tari PALI, pertunjukan dongeng anak, talk show kuliner PALI, demo memasak, hingga pertunjukan Hadroh DPD HEBITREN PALI.

“Pastinya produk yang dijajakan asli dari pelaku UMKM lokal. Dalam kegiatan ini pula, kami ingin membudidayakan ikan asap yang selama ini belum banyak diketahui publik,” kata Bupati PALI Ir H Heri Amalindo.

Menurut Bupati, ikan asap yang disajikan ini telah ber-Standar Nasional Indonesia (SNI), baik dari sisi kesehatan, izin, kebersihan dan lainnya.

Bupati melanjutkan disebut Sagarurung karena ikan diasap lalu diberi bumbu. Adapun ikan yang diasap beragam, mulai dari ikan nila, patin, gurami dan jenis lainnya.

“Dalam festival ini ikan asap yang lebih ditonjolkan, asli dari Kabupaten PALI,” terangnya.

Dia berharap melalui festival ini masyarakat makin mengenal iman Sagarurung. Apalagi ikan itu banyak mengandung protein yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *