DPC PDIP Kota Palembang Bersama BAGUNA Aksi Baksos Cek Kesehatan Gratis

Sekretaris DPC PDIP Kota Palembang Ayu Nur Suri, SE., MM., memberikan sambutannya, Minggu (9/10/2022)/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Palembang bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) Kota Palembang menggelar bakti sosial (baksos) cek kesehatan gratis ke warga terdampak banjir, Minggu (9/10/2022).

Sekretaris DPC PDIP Kota Palembang Ayu Nur Suri, SE., MM., mengatakan selain baksos, pihaknya juga meninjau di beberapa titik banjir yang ada di Kota Palembang.

Bacaan Lainnya

Ada dua lokasi yang menjadi lokasi pengecekan, yakni di Jalan Yayasan II Lorong Amal Rukun Tetangga (RT)034 Kelurahan 2 Ilir Kecamatan Ilir Timur 2 Palembang, dan Mayor Mahidin 1 Lebak Mulyo RT 04 Rukun Warga 01 Kecamatan Kemuning.

“Disinilah kami melakukan pengecekan kesehatan, pemberian bantuan obat-obatan,” ujarnya.

Dia mengaku sangat perihatin melihat kondisi banjir di Kota Palembang. Terlebih banjir sudah memasuki rumah warga. 

Dia mengaku ada beberapa faktor yang menyebabkan banjir ini diantaranya tidak berjalannya drainase.

“Tadi kita meninjau di Lorong Amal Kecamatan Ilir Timur 2, dimana permasalahannya sama yakni gorong-gorong. Perjalanan air menuju kolam retensi banyak yang tidak berjalan dengan baik karena ada sampah,” tuturnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama selalu menjaga kebersihan gorong-gorong atau got yang ada disekitar tempat tinggal masing-masing.

Apabila parit itu kotor, hendaknya masyarakat bersama-sama untuk mengambil sampah tersebut. Tapi jangan hanya mengambil sampah saja, lumpur dan pasir di got juga diangkat. Dengan begitu aliran airnya bisa mengalir dengan lancar.

“Atas permasalahan banjir ini, kami akan menyiapkan 18 posko di 18 kecamatan di Kota Palembang,” imbuhnya.

Posko itu sendiri, kata dia, fokus melayani kesehatan warga terdampak banjir. 

Dalam dua pekan kedepan, pihaknya akan turun bersama warga membersihkan gorong-gorong.

“Pasca banjir pasti akan menimbulkan masalah kesehatan seperti masuk angin, demam, pegal linu, batuk dan pilek. Makanya kami berinisiatif menyediakan posko kesehatan,” bebernya.

Sementara itu, Ketua BAGUNA DPC PDIP Kota Palembang Andreas OP, SE., Ak., menambahkan aksi baksos ini dalam rangka membantu masyarakat terdampak banjir.

“Kami akan fokus pada penanganan pasca banjir, cek kesehatan dan akan melakukan penggalangan beberapa posko terkait kesehatan serta gotong-royong untuk mengantisipasi banjir,” jelasnya.

Untuk tim BAGUNA DPC PDIP Kota Palembang berjumlah 48 orang, namun yang diturunkan hari ini sebanyak 28 orang.

“Nanti kita buat posko gotong royong di 18 kecamatan dan akan dibentuk juga di 107 kelurahan pos BAGUNA. Posko itu digunakan untuk melakukan pendataan deteksi dini berkaitan dengan bencana yang ada di Palembang.” tegasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *