Ini Pesan Gubernur Sumsel untuk Alumni Angkatan ke XVI Politeknik AKAMIGAS Palembang

Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri wisuda angkatan ke XVI Politeknik AKAMIGAS Palembang, di Grand Ballroom Whyndham Hotel Palembang, Kamis (1/9/2022)/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri wisuda angkatan ke XVI Politeknik Akademika Minyak dan Gas (AKAMIGAS) Palembang, di Grand Ballroom Whyndham Hotel Palembang, Kamis (1/9/2022).

Wisuda kali ini dihadiri Ketua Yayasan Karya Bangsa Ir H Abdul Rozak, M.Sc., Direktur Politeknik AKAMIGAS Palembang Hj Amiliza Miarti, ST., M.Si., para wakil direktur, dekan, dosen, staf, pegawai, dan undangan lainnya. 

Bacaan Lainnya

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak lulusan baru Politeknik AKAMIGAS Palembang untuk memberikan kontribusinya dalam memajukan Sumsel, khususnya dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) seperti Minyak dan Gas (Migas). 

“Lulusan baru ini harus bangga karena pernah menjadi bagian dari Politeknik AKAMIGAS. Pemikiran dan ide dari lulusan baru ini sangat diharapkan dalam upaya membatu membangun daerah ini di sektor migas,” ujar Deru.

Deru berharap kepada lulusan baru Politeknik AKAMIGAS dapat terlibat langsung dalam pemanfaatan dan pengelolaan Migas di provinsi Sumsel. 

Selain itu, Deru berharap pula agar ilmu yang didapat dapat diterapkan dalam pengelolaan SDA. Karena pihaknya menginginkan SDA di Sumsel ini dikelola langsung oleh orang-orang yang berasal dari Sumsel.

Kendati begitu, Sumsel tetap harus membuka diri untuk orang-orang luar. Dengan banyaknya lulusan pertambangan ini, Deru yakin kedepan pengelolaan SDA di Sumsel ini bisa dilakukan oleh orang Sumsel.

“Peningkatan ilmu pengetahuan SDA memang mutlak dilakukan saat ini. Terlebih, dunia sudah berkomitmen jika tahun 2025 akan meniadakan energi fosil. Tidak mudah mewujudkan komitmen dunia pada tahun 2025 tersebut. Namun, energi baru terbarukan tersebut memang harus dimanfaatkan. Sebab itu, kita wajib berkomitmen untuk mendukung hal itu. Apalagi salah satu daerah di Sumsel yakni Pagaralam telah mengawali sebagai kota yang memanfaatkan energi baru terbarukan,” katanya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Akademik Minyak dan Gas (AKAMIGAS) Hj Amiliza Miarti, ST., M.Si., menambahkan para wisudawan dan wisudawati angkatan ke XVI Politeknik AKAMIGAS Palembang ini terdiri dari Program Studi Teknik Analis Laboratorium Minyak dan Gas (MIGAS) sebanyak 34 orang, Program Studi Teknik Pengelolaan Migas sebanyak 62 orang, Program Studi Teknik Eksplorasi Produksi MIGAS sebanyak 59 orang, Program Studi Tekni Pertambangan Batubara sebanyak 52 orang. Sehingga total yang diwisuda untuk angkatan ke XVI kali ini sebanyak 207 orang.

Untuk peraih prestasi akademik atau peraih predikat pujian berjumlah 96 orang terdiri dari Program Studi Teknik Analis Laboratorium Migas sebanyak 26 orang, Program Studi Teknik Pengelolaan MIGAS sebanyak 37 orang, Program Studi Eksplorasi Produksi MIGAS sebanyak 25 orang, dan Program Studi Teknik Pertambangan Batubara sebanyak 8 orang.

“Ini merupakan salah satu yang menjadi kebanggaan dan kebahagiaan buat kami pada hari ini yakni terdapat banyak jumlah para wisudawan dan wisudawati yang meraih predikat pujian,” imbuhnya.

Bukan itu saja, ada beberapa para wisudawan dan wisudawati yang memiliki prestasi non akademik yang membanggakan, baik pada tingkat Nasional maupun Internasional.

Dimana peraih Prestasi Non Akademik pada tahun 2021 dan 2022 yakni juara I pada Kejuaraan Pencak Silat Open Turnamen Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cup Regional Sumatera.

15 Besar pada Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Serta Atlet Pencak Silat Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX pada tahun 2021 Provinsi Papua, Kontingen Provinsi Sumsel.

“Alhamdulillah pada tahun 2022 ini Politeknik AKAMIGAS Palembang terpilih kembali sebagai salah satu Perguruan Tinggi Vokasi Pendamping SMK PK untuk 2 SMK di Indonesia, yakni SMKS TKM Pertambangan, Kebumen Provinsi Jawa Tengah dan SMK Negeri 1 Mandau, Bengkalis Provinsi Riau. Dari Sumsel hanya 2 Perguruan Tinggi saja yang ikut program SMK-PK tahun 2022, yakni Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) dan Politeknik AKAMIGAS Palembang saja,” jelas Amiliza seraya menambahkan semoga ilmu yang didapat berguna bagi nusa dan bangsa.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *