Konsisten Dukung Program Penghijauan, BCA dan Hutama Karya Tanam Pohon di Ruas Tol Palindra

IMG_20220805_184918

Palembang, Sriwijaya Media – Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk., (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai program.

Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama dengan PT Hutama Karya dan mitra tani UD Bertani melaksanakan program penghijauan dengan menanam 100 bibit pohon di kawasan area tol Palindra, Jum’at (5/8/2022).

Seremoni kegiatan dihadiri Kepala BCA Kantor Wilayah VI Suhardjo Moeliadi, Kepala BCA KCU Palembang Theresia Rosalia, Kepala BCA KCU Mesjid Lama Widyawati Widjaja, Kepala Pendukung Operasi Wilayah VI BCA Heriawan Widjaja, Section Head Keuangan PT Hutama Karya Ruas Tol Palindra Mukhlis, dan Kanit PJR PT Hutama Karya Rudi Suwarman. Seremoni ini juga dihadiri oleh perwakilan BCA dan mitra tani yang berpartisipasi dalam melakukan penanaman bibit.

“Lingkungan yang hijau dan asri pastinya menjadi sebuah kenyamanan bagi banyak pihak. Sadar akan pentingnya penghijauan, BCA pun berinisiasi bersama dengan dinas setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman khususnya untuk masyarakat Palembang. Sekecil apapun aksi yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan hidup. Program penanaman 100 bibit pohon hari ini merupakan upaya nyata yang dilakukan BCA bersama Hutama Karya dan Mitra Tani untuk membuat area tol Palindra rindang,” ujar Kepala BCA Kantor Wilayah VI Suhardjo Moeliadi.

Pada kesempatan ini, program penanaman 100 bibit pohon yang meliputi pohon dengan manfaat baik yaitu Ketapang Mini, Salam, dan Damar. Pohon ini dipercaya mampu mereduksi polutan yang berasal dari asap motor kendaraan.

Penanaman bibit ini kian mempercantik dan memperbaiki udara di kawasan area tol. Penanaman pohon ini terdiri dari dua area yang mencakup rest area tol Palindra Km 20 Gerbang Tol Indralaya dan ruas jalan tol KTM Rambutan.

Dia mengaku pemilihan area tol Palindra kali ini dilatar belakangi oleh masih barunya area tol ini sehingga masih belum banyak terdapat penanaman pohon.

Selain itu, tol ini juga merupakan jalan tol pertama di Sumatera bagian Selatan dan menghubungkan Kota Palembang dengan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

“Dengan adanya penanaman pohon ini juga diharapkan mampu menambah kelestarian lingkungan di sekitar jalan tol,” terangnya.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi. Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi ke dalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia,” jelasnya.

Diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim.

BCA senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG).

BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun di Maret 2022. Angka tersebut naik sebesar 25,6% YoY, dan berkontribusi hingga 24,9% dari total portofolio pembiayaan BCA.

Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.(ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *