Jelang Harganas 29 Juni, Ini Dilakukan DPPKB OKI

  • Whatsapp
Guna memperingati Harganas pada 29 Juni mendatang, Pemkab OKI melalui DPPKB OKI menggelar pelayanan KB serentak sejuta akseptor untuk pengendalian penduduk di OKI yang lebih berkualitas, di Kecamatan Mesuji Raya, Rabu (15/6/2022)/sriwijayamedia.com-abu

Kayuagung, Sriwijaya Media – Guna memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) OKI menggelar pelayanan KB serentak sejuta akseptor untuk pengendalian penduduk di OKI yang lebih berkualitas.

“Pelayanan KB serentak ini dapat membantu meringankan biaya masyarakat akseptor dan mensukseskan program KB serta menekan pertumbuhan penduduk,” terang Kepala DPPKB OKI HM Lubis., SKM., M.Kes., Rabu (15/6/2022).

Pelayanan KB serentak ini, kata dia, terdiri dari pelayanan Intra Uterine Device (IUD) 1 akseptor, implan 53 akseptor, Pil 159, suntik 117 dan 6 alat kontrasepsi untuk Kecamatan Mesuji Raya.

Dia mengaku antusiasme warga Mesuji Raya untuk mengikuti program KB sudah cukup baik sehingga diharapkan mampu mewujudkan keluarga yang terencana, sehat dan bahagia.

Lubis mengatakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang berpusat di Kantor Camat Mesuji Raya ini membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan layanan dalam berkontrasepsi.

Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini berakibat pada peningkatan jumlah peserta KB aktif maupun peserta KB baru.

“Pelaksanaan pelayanan serentak sejuta akseptor yang digagas oleh DPPKB OKI adalah agar kebutuhan akan alat kontrasepsi bagi Pasangan Usia Subur (PUS) bisa terpenuhi. Hal ini juga dimaksudkan untuk melindungi kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan yang beresiko,” imbuh Lubis.

Lubis menyampaikan pelayanan KB serentak ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke 29 untuk menciptakan keluarga yang sejahtera dan pengetahuan akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan dalam membangun bangsa dan negara.

Sementara itu, Koordinator Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Sumsel Drs Dharma Wijaya, MM., menambahkan hari pelayanan KB serentak bukan hanya di Kabupaten OKI saja, tetapi juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Hal ini menjadi bukti keseriusan untuk mengendalikan penduduk dan mencapai manfaat optimal Indonesia Emas 2045.

“Pembangunan keluarga yang sehat harus direncanakan melalui KB. Karena itu, saya berharap warga bisa memanfaatkan kegiatan ini, sehingga bisa memiliki keluarga yang sehat. BKKBN Sumsel mendukung program kependudukan maupun pembangunan keluarga di Kabupaten OKI,” jelasnya.(abu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *