Tak Akomodir Tenaga Kerja Lokal, Warga Desa Mambang Mura Portal Jalan Perusahaan

IMG_20220214_153840

Musi Rawas, Sriwijaya Media – Lantaran kesal tak diberikan kesempatan bekerja, sejumlah warga di Desa Mambang, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) melakukan aksi portal jalan masuk ke areal perusahaan.

Suparman, salah seorang warga Desa Mambang, dihubungi sriwijayamedia.com, Senin (14/2/2022) membenarkan aksi pemortalan jalan tersebut akibat kekecewaan lantaran PT Pratama Palm Abadi (PPA) tak mau memberikan kesempatan warga lokal untuk bekerja.

“Kami hanya memortal kebun kali yang dilewati PT PPA,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemortalan tersebut bukanlah pertama kali dilakukan, namun aksi ini untuk kesekian kalinya, sejak beberapa bulan terakhir.

Sebelum menutup akses jalan masuk PT PPA yang melewati perkebunan warga, kata dia, pada waktu itu perusahaan menjanjikan akan mengajak warga untuk bekerja.

“Lalu kami buka jalan yang diportal. Tapi sampai sekarang janji itu tak juga direalisasikan,” pungkasnya

Setali tiga uang, Bam, salah seorang warga lainnya mengaku aksi pemortalan ini karena perusahaan tak kunjung menunjukan itikad baiknya.

“Kami hanya ingin dipekerjakan di perusahaan. Permintaan kami tak banyak, hanya itu saja. Kalau kami diberi pekerjaan, pasti kami juga akan ikhlas jalan kebun kami dilintasi perusahaan. Tetapi kalau tidak ada kesempatan bekerja, dengan terpaksa kami tidak mengizinkan perusahan lewat melalui kebun kami,” ancamnya.

Setelah melakukan pemortalan, dirinya mengaku telah dihubungi pihak kepala desa (kades) setempat atas permintaan perusahaan untuk membuka kembali portal tersebut dan dalam waktu dekat pihak perusahaan akan memenuhi tuntutan warga.

“Nah infonya tadi pihak perusahaan sudah telpon pak kades disuruh menunggu 10 hari lagi. Jika dalam waktu yang dijanjikan perusahaan tersebut tidak memenuhi janjinya, maka jalan akan kami portal kembali,” terangnya.(mus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *