Beraudiensi Dengan Komunitas PPS, Hal Ini Disampaikan Wawako Fitri

IMG_20220119_150557

Palembang, Sriwijaya Media – Berbagai peninggalan bersejarah ataupun benda pusaka yang memiliki nilai sejarah tinggi nampaknya hingga saat ini masih terus terjaga oleh para komunitas Palembang Pusaka Sriwijaya (PPS) Kota Palembang.

Hal tersebut diketahui saat audiensi PPS Kota Palembang dengan Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda di Balai Kota, Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Palembang, Rabu (19/1/2022).

Ketua komunitas PPS Kota Palembang Surya Negara, SH., menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sengaja ingin mempublish keberadaan komunitas PPS sekaligus mengajak pemerintah bersinergi bersama.

“Anggota kita sekitar 50 orang, dan setiap orang itu minimal menyimpan 10 hingga 15 benda pusaka. Bahkan ada juga yang capai 100 hingga 1.000 benda pusaka,” kata Surya Negara.

Menurut dia, berbagai jenis benda pusaka juga disimpan serta dirawat oleh setiap anggota dengan baik, baik itu pedang, tombak dan lainnya.

Dia menyampaikan, ada juga beberapa benda lainnya yang merupakan peninggalan para petuah adat ataupun di golongan tertentu yang sengaja disimpan sekaligus dijaga baik oleh para anggota komunitas

“Mulai dari kepala, pakaian sampai ke aksesoris lainnya. Ada juga yang non pusaka, seperti kain, tanjak, kalung, ataupun benda yang pernah dimiliki oleh para petinggi adat atau kepala. Jadi bukan hanya senjata,” tuturnya.

Sementara itu, Wawako Palembang Fitrianti Agustinda menyambut baik atas keinginan komunitas PPS Kota Palembang terlibat dalam kegiatan yang digelar Pemkot terkait koleksi-koleksi benda pusaka.

Fitri menilai bahwa benda-benda pusaka yang disimpan oleh komunitas PPS Kota Palembang tersebut memiliki nilai-nilai sejarah yang tidak ternilai harganya.

Dengan banyaknya event yang akan diselenggarakan Pemkot Palembang di tahun ini, pihaknya meminta agar PPS dapat terlibat penuh dalam tiap event, terutama dalam memamerkan benda-benda pusaka yang selama ini menjadi koleksi setiap anggota.

“Supaya nantinya orang-orang yang hadir bisa menikmati benda-benda pusaka yang memiliki nilai sejarah, khususnya dari Kejayaan Sriwijaya,” ujarnya.

Beragam jenis benda pusaka yang dimiliki oleh setiap anggota komunitas, mulai dari keris, piring, manik-manik dan lain sebagainya yang menjadi peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kota Palembang.

“Kami belum melihat secara langsung, tetapi kami berharap nanti pada saat pelantikan kepengurusan PPS pada 26 Januari, kita ingin benda-benda pusaka itu bisa ditampilkan,” jelasnya.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *