Kepala Lapas Klas IIB Muaraenim Ajak WB Berolahraga

IMG_20220112_190726

Muaraenim, Sriwijaya Media – Dalam rangka memastikan kondisi para Warga Binaan (WB), Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muara Enim Herdianto didampingi Kepala KPLP Ressy Setiawan meninjau langsung lingkungan blok hunian, Rabu (12/1/2022).

Pada kesempatan itu, Herdianto juga  memberikan motivasi dan arahan serta mengajak para WB menyehatkan jasmani dengan berolahraga.

Herdianto menuturkan bahwa kegiatan ini tentunya untuk memastikan kondisi WB mulai dari kesehatan, pemberian layanan pemasyarakatan hingga keamanan dan ketertiban di blok hunian agar berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, WB juga bisa merasa dekat dan tentunya komunikasi dua arah bisa dirasakan sehingga WB bisa menyampaikan langsung saran, masukan atau bahkan bisa curhat dengan kondisi yang dialami.

“Seorang insan pemasyarakatan itu tidak hanya mengamankan dan membina, namun juga harus peka terhadap rasa intuisi para WB. Dengan kita mengetahui isi hati mereka, maka bisa menjadi bahan pertimbangan kita dalam memberikan pembinaan dengan sentuhan humanis dan hal ini juga menjadi langkah deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban,” ujar Herdianto, dalam pelaksanaan mapeling atau masa pengenalan lingkungan.

Diketahui kegiatan mapenaling merupakan salah satu kegiatan pembinaan tahap awal dari proses pemasyarakatan narapidana.

“Selain dari sosialisasi terkait hak dan kewajiban seorang WB, juga dilakukan kegiatan jasmani. Mapenaling bagi narapidana menjadi suatu proses awal yang harus dilakukan guna lancarnya proses pembinaan baik kepribadian maupun kemandirian selanjutnya,” paparnya. (Kiki)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *