Buka Bimtek Literasi Dasar PAUD, Ini Pesan Kepala Disdikbud Subulussalam

  • Whatsapp

Subussalam, Sriwijaya Media – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbuk) Kota Subulussalam H Sairun, S.Ag., secara resmi membuka bimbingan teknis (Bimtek) literasi dasar tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di  Gedung Aula dinas setempat, Sabtu (13/11/2021).

Dalam arahannya, Kepala Disdikbud Subulussalam H Sairun, S.Ag., menekankan betapa pentingnya membudayakan literasi membaca ditingkat PAUD dengan metode tertentu, agar kedepannya generasi muda gemar membaca.

Bacaan Lainnya

“Data UNESCO menyatakan L bahwa tingkat persentase rakyat Indonesia membaca masih diangka 0,0001%. Artinya 1 berbanding 10.000. Sementara hasil yang dikeluarkan Program of Internasional Student Asesment (PIDA) bahwa Indonesia berada diperingkat 62 dari 72 negara. Ini menunjukkan tingkat baca rakyat Indonesia masih sangat rendah,” tutur H Sairun.

Untuk itu, pihaknya meminta pendidik tidak lalai dan membaca harus dimulai dari diri sendiri. Termasuk semua pihak harus mendorong literasi ini ke anak-anak.

Dia menginstruksikan kepada seluruh pengelola PAUD untuk dapat menyiapkan ruangan pojok baca di masing-masing lembaga, dan untuk SD dan SMP diharap dapat melakukan penyesuaian.

Begitupun kepada pengelola PAUD, SD, dan SMP agar dalam pengalokasian anggaran, baik dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) maupun dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) benar-benar berorientasi kepada kebutuhan prioritas sekolah.

“Termasuk pengadaan buku di masing-masing lembaga satuan pendidikan,” pesan Sairun.(Maharudin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *