Komitmen Penyetaraan Gender, Pemkot Palembang Raih Reward APE 2020

IMG_20211013_161136

Palembang, Sriwijaya Media – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) Bintang Puspayoga mengapresiasi atas upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang tetap komitmen dalam penyetaraan gender.

Atas komitmennya itu, Pemkot Palembang secara langsung menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dari Kementerian PPPA kategori pratama dalam kriteria kepedulian kepala daerah terhadap kesetaraan gender.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan video conference (vidcon) via aplikasi zoom cloud meeting yang diikuti Walikota (Wako) Palembang H Harnojoyo di Rumah Dinas (Rumdin) Wako, Menteri PPPA RI Bintang Puspayoga menerangkan tentang Undang-Undang (UU) No 17/2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025.

Dia menyampaikan bahwa upaya untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia juga tertuang dalam Inpres No 9/2000 tentang pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan nasional.

“Pada Peraturan Presiden (Perpres) No 18/2020 tentang RPJMN, PUG telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat pengarusutamaan guna mewujudkan pembangunan inovatif dan adaptif, sehingga dapat menjadi katalis pembangunan untuk menuju masyarakat sejahtera dan berkeadilan,” kata Bintang, Rabu (13/10/2021).

Sementara itu, Wako Palembang H Harnojoyo mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang telah diraih tersebut.

“Penghargaan itu diberikan karena memang kita selalu menyetarakan, baik itu kepala dinas, camat ataupun lurah sekalipun. Selama mereka cocok dan berkompeten dalam profesinya, kita tidak membeda-bedakan kesetaraannya,” singkat Wako

Ditempat sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPAPM) Palembang Drs M Sadruddin Hajar menambahkan, penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang pertama kali diraih kota Palembang.

“Pertama kalinya Kota Palembang mendapat penghargaan APE dari Kementerian PPPA RI. Memang pialanya sudah diambil dua minggu yang lalu, namun acara seremonial sekarang,” ujarnya.

Sadruddin melanjutkan bahwa terdapat suatu kebanggaan yang patut dirasakan Pemkot Palembang, khususnya masyarakat Palembang, yakni hadirnya pimpinan daerah Kota Palembang diantara pimpinan-pimpinan daerah lainnya yang juga menerima penghargaan tersebut.

“Itu merupakan salah satu kebanggaan kita yang telah mendapatkan penghargaan ini,” akunya. (jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *