Disbudpar Sumsel Minta Finalis Putri Sriwijaya Kuasai Produk Unggulan

  • Whatsapp

Palembang, Sriwijaya Media – Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Dr Hj Megawaty, ST., MT., didampingi Dharma Wanita Disbudpar Sumsel menyambut baik kunjungan Finalis Putra Putri Sriwijaya Tahun 2021 ke Kriya Sriwijaya Sumsel, Kamis (14/10/2021).

“Hari ini kita melakukan kunjungan dalam rangka rangkaian pemilihan seleksi untuk Putra Putri Sriwijaya tahun 2021. Ini bagian dari pembelajaran sekaligus promosi untuk para peserta yang menjadi finalis Putra Putri Sriwijaya. Memang harus ada kunjungan lapangan, salah satunya mengangkat Kriya Sriwijaya Sumsel,” kata Megawati.

Menurut dia, peserta atau finalis akan mempresentasikan potensi-potensi baik produk, destinasi wisata, budaya, maupun dari segi ekonomi kreatif.

Salah satunya adalah kuliner dan cindera mata, termasuk dari kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mempresentasikan GAMBO.

“Mereka sendiri tidak tahu kalau GAMBO pikir di Muba saja. Padahal di Kota Palembang ibukotanya Sumsel ada juga produk-produk unggulan untuk cindera mata yakni GAMBO yang mereka unggulkan dari daerahnya,” ungkapnya.

Dia melanjutkan disini pihaknya memberikan pembelajaran bagi peserta tentang produk unggulan yang akan dipresentasikan.

Sebenarnya sudah ada produk yang bisa dipromosikan dari Dekranasda, yakni di Kriya Sriwijaya Sumsel.

“Disini kita inginkan mereka belajar, karena sebagai duta mereka harus bisa mempromosikan, tidak hanya potensi di daerah mereka, karena kita bicara Putra Putri Sriwijaya Sumsel,” katanya.

Lanjutnya, mereka harus tahu yang ada di 17 kabupaten/kota, yang tadinya mereka di Muba hanya tahu GAMBO, dari Kota Lubuk Linggau yakni Batik Duren.

Disini mereka harus bisa mempromosikan dan tahu bahwa Sumsel itu bukan hanya itu saja, tapi semua. Disinlah di Kriya Sriwijaya ini mereka harus bisa memetik pelajaran.

Bahwa disini keberagaman dari Sumsel itu bahwa banyak potensi, banyak produk-produk unggulan di Sumsel itu yang juga mereka itu bagian dari Sumsel.

“Disini mereka harus bisa menjualnya juga, dan mereka nanti kita minta bagaimana untuk mempunyai ide,” bebernya.

Saat ini mereka merupakan Finalis yang mewakili dari daerah masing-masing, saat ini mereka tentunya mempromosikan daerah mereka, karena mereka perwakilan dari kabupaten/kota.

“Kedepan karena Putra Putri Sriwijaya kalau mereka sudah menjadi pemenang, sudah menjadi Putra Putri Sriwijaya, mereka tidak berbicara lokal atau daerah, tetapi sudah berbicara Sumsel, jadi harus bisa mempromosikan Sumsel,” tegasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *