Puluhan Ribu Guru di Sumsel ‘Perebutkan’ Kursi PPPK Jabatan Fungsional 2021

IMG-20210911-WA0005

Palembang, Sriwijaya Media – Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel menggelar rapat koordinasi seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional guru tahun 2021 bertempat di Hotel Beston. Rapat koordinasi ini dilaksanakan pada 9-11 September 2021.

Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Emzen SPd MM mengatakan, selama ini pihaknya melakukan rapat persiapan pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK untuk jabatan fungsional guru hanya melalui aplikasi zoom.

Bacaan Lainnya

“Hari ini kita kumpulkan seluruh panitia penanggung jawab seleksi PPPK guru dari 17 kabupaten dan kota. Disini kita bersama membahas hal-hal yang akan dihadapi berkaitan dengan pelaksanaan PPPK,” ujarnya saat diwawancarai, Jumat (10/9/2021).

Emzen menjelaskan, pelaksanaan tes seleksi PPPK dimulai pada tanggal 13-17 September 2021.

“Panitia penanggungjawab yang mengikuti rapat hari ini berjumlah 150 orang. Disini kita menjelaskan secara teknis pelaksanaan tes seleksi, diantaranya peserta tes wajib rapid test antigen secara gratis,” bebernya.

Lebih lanjut Emzen menerangkan, guru SMA, SMK dan SLB yang mengikuti seleksi PPPK berjumlah 10.080 orang. Namun formasi yang diterima tahun ini berjumlah 7.400 orang.

“Tes seleksinya dengan sistem computer assisted test (CAT). Bagi yang belum lulus, maka masih bisa ikut lagi pada tahun berikutnya. Pasalnya, kebutuhan guru SMA, SMK dan SLB idealnya sekitar 8.000 lebih guru. Jadi sebenarnya kita kekurangan guru,” katanya.

Kepada guru yang mengikuti seleksi PPPK, Emzen berpesan agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

“Persiapkan diri dari segi ilmu, dan kesehatan dijaga jangan sampai saat tes jatuh sakit. Sebelum pelaksanaan tes, beberapa waktu lalu Kementrian Pendidikan sudah memberikan kisi-kisi soal untuk sarana pembelajaran bagi para guru. Pelajarilah itu dengan baik,” pungkasnya. (Ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *