Pembangunan PLTS Desa Nanjungan Diapresiasi, Ini Kata Bupati Lahat

IMG_20210909_080039

Lahat, Sriwijaya Media-Bupati Lahat Cik Ujang, SH., menghadiri secara langsung peletakan batu pertama PLTS Nanjungan dan penyerahan bantuan 20 ton beras untuk penanggulangan Covid-19, di Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Sumsel, Rabu (8/9/2021).

Direktur Utama PT Bukit Asam (PTBA) Tbk Suryo Eko Hadianto menyampaikan hari ini tonggak sejarah PTBA dan warga Nanjungan untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang akan di gunakan untuk pengairan sawah warga Desa Nanjungan dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, PLTS ini nanti akan menyuplai listrik ke pompa irigasi, dimana selama ini untuk pengairan sawah warga hanya mengandalkan tadah hujan.

“Dengan PLTS ini, penghasilan pertanian lebih optimal. Kapasitas PLTS capai 27.500 watt dan akan mengaliri listrik pompa irigasi berkapasitas 30 liter per detik. Pompa irigasi ini bisa mengairi sawah sekitar 100 hektar sawah. Dengan memanfaatkan teknologi ini, harapannya panen warga semakin optimal. Bahkan dalam setahun bisa dua atau tiga kali panen,” tuturnya.

Dia melanjutkan pembangunan PLTS ini bukan hanya sekedar program PTBA, tetapi wujud nyata PTBA dalam menerapkan noble purpose yakni pertambangan untuk peradaban, kesejahteraan dan masa depan yang lebih baik.

“Harapan kami PTBA sebagai perusahaan tambang membawa manfaat lebih banyak ke masyarakat, termasuk warga Desa Nanjungan. Dengan kehadiran PLTS dan pompa irigasi ini dapat membangun ketahanan pangan kawasan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan hasil panen yang bertambah,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan terimakasih atas pembangunan PLTS dan pompa irigasi di Desa Nanjungan. Dengan kepedulian PTBA membangun PLTS di Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lainnya.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat mengapresiasi pembangunan PLTS untuk pengairan ini. Inovasi dari PTBA ini diharap dapat meningkatkan hasil persawahan, pendapatan hingga mensejahterakan petani. Terimakasih kepada PTBA yang telah banyak membantu Pemkab Lahat,” ucap Bupati Lahat.

Dalam kesempatan itu, PTBA juga memberikan bantuan 20 ton beras untuk warga di Kabupaten Lahat terdampak  pandemi Covid-19.

Tampak dalam kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang, SH., Direktur utama PTBA Suryo Eko Hadianto, Direktur operasional dan produksi Suhedi, Direktur SDM Dwi Fatan Liliana, Kepala OPD, unsur muspika, para kades tokoh masyarakat dan warga Desa Nanjungan.(ssl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *