Pemkot Palembang Berencana Bangun Pasar Apung di Musi II

IMG_20210928_175352

Palembang, Sriwijaya Media – Dalam rangka mewujudkan Palembang EMAS Darussalam, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana akan membangun Pasar Apung, berlokasi di Musi II Palembang.

Hal itu terungkap dalam rapat bersama membahas rencana pembangunan Pasar Apung, di Musi II Palembang.

Bacaan Lainnya

“Dalam rapat bersama staf khusus, Bappeda dan konsultan disepakati nama pasar apung itu, yakni Pasar Apung Darussalam. Lokasinya ada di wilayah Musi II,” kata Wako Harnojoyo, Selasa (28/9/2021).

Wako Palembang dua periode itu berharap pembangunan Pasar Apung Darussalam segera direalisasikan sehingga keberadaannya dapat dinikmati masyarakat.

Untuk tahap pertama, sekitar Pasar Apung akan dibersihkan atau dilakukan pematangan lahan. Selanjutnya tahap kedua, Dinas Perdagangan Kota Palembang akan segera membentuk tim dalam perencanaan tahapan berikutnya.

“Insha Allah rencananya Pasar Apung Darussalam ini akan selesai pembangunannya di tahun 2022. Saat ini masih dalam tahap persiapan administrasi,” tutur Wako.

Dalam pembangunan Pasar Apung Darussalam nanti, lanjut Wako, ornamen ataupun ciri khas Kota Palembang tidak akan meninggalkan melalui konsep tradisional modern.

“Karena itu Darussalam, maka nanti akan kita lengkapi dengan tempat ibadah di sana,” papar Wako.

Bahkan untuk pembangunan konstruksi tempat ibadah maupun pasar rencananya juga akan disesuaikan dengan kondisi pasang surut Sungai Musi. Dengan begitu, para pedagang ataupun pembeli tidak merasa terganggu.

Terkait pendanaan, Wako menuturkan bahwa pihaknya saat ini akan lebih fokus terlebih dahulu dalam persiapan desain menuju proses pelaksanaan pembangunan.

“Karena Kementerian Perdagangan ada, Insha Allah pak Gubernur juga ada, bahkan CSR. Terpenting sekarang desainnya dulu disiapkan lengkap,” jelasnya. (jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *