Gubernur Deru Beri Kuliah Umum di PKKMB Bina Darma

  • Whatsapp

Palembang, Sriwijaya Media- Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa/i Bina Darma Palembang, dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2021-2022, di Aula Kampus Utama Bina Darma, Senin (27/9/2021).

Dengan mengambil tema “membangun generasi unggul dan berdaya saing menuju The Next Golden Generation”, Gubernur Sumsel mengaku awalnya tidak percaya diri memberikan kuliah umum.

Bacaan Lainnya

“Saya bukan dosen, tapi saya diminta memberikan materi. Saya basicnya sarjana hukum. Kalau orang kuliah sarjana selama 4 tahun, tapi saya kuliah 10 tahun, jadi lebih komprehensif dibandingkan yang kuliah 4 tahun,” kata Deru.

Deru beralasan kuliah sampai 10 tahun lantaran berbagi waktu mencari nafkah untuk keluarga.

Di perspektif tertentu, dirinya dinilai sebagai mahasiswa abadi, tapi disisi lain dirinya lebih banyak mendapat pengalaman.

Deru mengimbau kepada mahasiswa/i agar memiliki obsesi yang terukur. Menakar cita cita itu harus terukur, dan tinggi.

“Kita harus ada cita-cita sejak dini. Ukuran sukses itu ada dua yakni ada dari sisi materi dan sisi kemanfaatannya. Tapi ada yang mengukur kesuksesan dengan harta,” papar Deru.

Deru mengungkapkan untuk meraih kesuksesan itu tidak boleh memaksakan kehendak dengan orang lain.

Deru meminta mahasiswa dapat menggali potensi yang ada di diri. Setelah tahu potensi yang dimiliki, maka kerjakan dengan sungguh-sungguh.

“Saya dari kecil terobsesi ingin menjadi bupati. Waktu saya kelas 1 SD, ada bupati yang berkunjung ke rumah orang tua saya, dan bermalam. Saya liat hebat nian wong ini, orang berbaris-baris menunggunya. Saya liat mobilnya bagus, dan wangi. Sejak saat itu saya bercita-cita ingin menjadi bupati,” aku Deru.

Dengan tekad yang kuat dan sungguh sungguh, akhirnya obsesi untuk menjadi Bupati tercapai.

Deru berpesan agar jangan mudah silau melihat orang dan tidak mudah merendahkan orang,

“Jangan pernah takut dengan kegagalan. Kegagalan itu bisa saja tangga menuju kesuksesan,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bina Darma Dr Sunda Ariana, M.Pd., MM., mengatakan pihaknya sangat bersyukur karena Pemprov Sumsel membantu sebanyak 900 mahasiswa dalam hal pembayaran SPP di Bina Darma.

“Para mahasiswa yang mengikuti kuliah umum ini ada yang secara tatap muka, daring, streaming. Ditahun ajaran baru ini kita menerima sekitar 1.200 mahasiswa baru dari Sumsel. Bahkan dari luar Sumsel seperti dari Papua, Kaltim, Bengkulu, Jambi, Medan, Jakarta, Yogyakarta. Ini menunjukkan mahasiswa Bina Darma berasal dari seluruh Indonesia,” paparnya.

Saat ini, pihaknya melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tercatat ada sekitar 7.000 mahasiswa dan sekitar 300 dosen.

“Universitas Bina Darma mempersembahkan satu karya Sistem Informasi Desa Pintar dan itu akan memunculkan program unggulan desa atau kelurahan,” pungkasnya (Ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *