CCEP Indonesia dan Forum Pendidik Desa Sukanegara Donasikan Tempat Sampah

IMG_20210819_120250

Lamsel, Sriwijaya Media – Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia bersama Forum Pendidik Desa Sukanegara Lampung Selatan (Lamsel) menyerahkan donasi tempat sampah kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lamsel.

Kegiatan penyerahan sekaligus pemasangan tempat sampah tersebut dilakukan di Kebun Edukasi Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Lamsel H Nanang Ermanto, melibatkan para penggiat lingkungan dan pendidikan setempat.

Bacaan Lainnya

Ketua Forum Pendidik Sukangera Afendi, Kamis (19/8/2021) mengatakan menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya merupakan upaya untuk mempertahankan keberlanjutan lingkungan sekitar.

“Tempat sampah yang kami serahkan hari ini menjadi upaya untuk mengajarkan masyarakat untuk peduli menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, dan belajar memilah sampah,” ujarnya.

Dia menjelaskan dalam diskusi singkatnya sampah yang sudah dipilah-pilah memudahkan untuk pengelolaan sampah selanjutnya. Pengelolaan sampah yang baik akan menambah nilai manfaat dari sampah.

“Masyarakat harus selalu menerapkan serta memilah sampah dengan baik. Mana yang organik dan nonorganik, mana yang dapat dimanfaatkan kembali dan memang harus dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah,” tuturnya.

Sementara itu, CA Regional Manager West Indonesia CCEP Indonesia Yayan Sopian menambahkan bahwa pihaknya melalui Forum Pendidik Sukanegara mendorong masyarakat untuk mengambil peran dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Tempat sampah yang CCEP berikan melalui Forum Pendidik di Kebun Edukasi Lampung Selatan ini sebagai bentuk dukungan program pemilahan dan pengelolaan sampah,” ujarnya.

Lanjutnya, sampah harus memiliki dengan prinsip reduce, reuse, dan recycle atau 3R sebenarnya dapat memiliki nilai ekonomi dan sumber daya terbarukan bila dikelola dengan baik. Dimana untuk reduce itu yakni mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.

“Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Receyle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat,” jelasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *