Jika Terpilih, Cakades Muara Batun OKI Siap Cetak Sarjana Muda Bagi Masyarakat

  • Whatsapp

Kayuagung, Sriwijaya Media – Program beasiswa kuliah gratis bagi masyarakat siap dikucurkan oleh calon kepala desa (Cakades) Muara Batun, Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Rendi, M.Pd., jika terpilih pada Pilkades dan dilantik menjadi kepala desa (kades) masa bakti 2021-2027 mendatang.

“Kami siap mencetak sarjana muda bagi masyarakat di Desa Muara Batun Kabupaten OKI dalam kurun waktu enam tahun kedepan,” ujar Rendi.

Bacaan Lainnya

Pasca dilantik menjadi kades Muara Batun OKI, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKI.

“Saya siap mengalokasikan dana desa (DD) untuk program kuliah gratis dan infrastruktur,” tuturnya.

Menurut dia, satu bulan setelah dilantik, dirinya akan mempersiapkan anggaran DD untuk beasiswa kuliah gratis dan infrastruktur.

Pemberian program kuliah gratis di Desa Muara Batun OKI tersebut direalisasikan dalam kurun waktu selama enam tahun kedepan.

“Program beasiswa kuliah gratis ini merupakan gagasan dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk membantu para para mahasiswa muda di desa setempat,” terangnya.

Dia melanjutkan tujuan dari program kuliah gratis ini adalah agar warga termotivasi untuk lebih peduli terhadap pendidikan.

Program kuliah gratis ini dicanangkan sekaligus untuk memeratakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Muara Batun Kabupaten OKI.

“50 persen DD Muara Batun OKI akan diprioritaskan untuk beasiswa, dan mudah-mudahan anak muda di Desa Muara Batun bisa mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi,” paparnya.

Ini berlaku untuk kuliah gratis di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta serta pemberian beasiswa bagi mahasiswa/i berprestasi ataupun non prestasi.

“Jadi jika ada masyarakat yang ingin mengambil PTN/PTS, maka seluruh biaya kuliah ditanggung semua. Ini khusus bagi masyarakat atau warga Desa Muara Batun Kabupaten OKI saja,” jelasnya.

Sementara untuk pembangunan infrastruktur, cakades Muara Batun nomor urut empat itu mengaku akan mempersiapkan sekitar 50 persen dari total jumlah besaran anggaran DD yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dan daerah.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *