Forkopimda Prabumulih Gelar FGD Tentang Ideologi Pancasila

IMG_20210601_171920

Prabumulih, Sriwijaya Media – Forkopimda Kota Prabumulih menggelar Fokus Group Discussion (FGD) dengan mengambil tema “Bersama kita tingkatkan pembinaan dan penguatan nilai-nilai ideologi Pancasila”, di Room Jumputan II Hotel Fave Jalan Lingkar Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Selasa (1/6/2021).

FGD dihadiri berbagai narasumber diantaranya Perwakilan Badan Kesbanglinmas Pol Kota Prabumulih Dra Oni Lisawati, M.Pd., Perwakilan Kemenag Kota Prabumulih Yaskuri Dalimunte, S.Ag., M.Pd.I., Perwakilan MUI Kota Prabumulih Aliman, S.Ag., Kasat Binmas Polres Prabumulih AKP Sri Djumiati dan dihadiri Kasat Intelkam Polres Prabumulih AKP Idham Haris, Perwakilan LSM Merah Putih, FKPPI, Pemuda Pancasila (PP), para pemuda, dan mahasiswa Kota Prabumulih.

Kasubag Bina Ideologi dan Wasbang Badan Kesbangpol Kota Prabumulih Dr Oni Lisawati mengatakan pada intinya Pancasila sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia, dan nilai-nilai hukum Pancasila.

“Kegiatan FGD Kota Prabumulih ini bertujuan untuk pembinaan dan penguatan nilai-nilai ideologi Pancasila dengan menangkal paham-paham radikalisme, anti Pancasila, dan intoleransi,” tuturnya.

Perwakilan MUI Kota Prabumulih Ali Aman menambahkan bahwa pengamalan ideologi Pancasila dilihat dari sudut pandang agama, keselarasan Pancasila dengan agama yang dianut di Indonesia, cinta agama dan tanah air, dan toleransi antar umat beragama.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Prabumulih AKP Idham Haris mengatakan kegiatan ini untuk mendiskusikan terkait dengan nilai-nilai ideologi Pancasila sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat menetralisir segala bentuk paham radikalisme, intoleransi dan anti Pancasila.

“Diakusi ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) guna menghindari penyebaran Covid-19,” katanya.

Kemenag Kota Prabumulih Yaskuri Dalimunte menuturkan bahwa Pancasila sebagai sumber filsafat bangsa dan negara Indonesia, fungsi Pancasila sebagai ideologi bernegara, sebagai dasar negara, sebagai kepribadian bangsa, dan nilai-nilai keseimbangan hukum dalam perspektif Pancasila.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *