Peduli Palestina, ACT Deklarasikan KKIPP

  • Whatsapp

Palembang, Sriwijaya Media-Tragedi konflik kemanusiaan di Palestina hingga kini masih terus terjadi. Berbagai elemen masyarakat di Sumsel pun ikut serta melakukan aksi protes terhadap kekejaman zionis Israel, hingga penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Merespon tragedi tersebut, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palembang bersama para ulama, Tokoh Agama (Toga), dan komunitas di Palembang mendeklarasikan Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIPP) sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi Palestina.

Bacaan Lainnya

Pernyataan deklarasi tersebut mendapat dukungan dari Walikota (Wako) Palembang H Harnojoyo, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Ustadz Solihin Hasibuan, Habib Mahdi, Ustadz Umar Said, Ketua Umum Bang Japar Benny, serta puluhan komunitas dan organisasi kepemudaan lainnya yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sumsel Peduli Palestina.

Kepala Cabang ACT Palembang Diwadia mengatakan bahwa KKIPP merupakan wadah advokasi untuk menampung seluruh dukungan penuh terhadap perjuangan saudara muslim di Palestina.

“Deklarasi KKIPP ini menjadi bentuk dukungan bertujuan untuk meluaskan energi kepedulian masyarakat terhadap Palestina. Karena deklarasi ini bukan hanya dilakukan di Palembang, melainkan di seluruh cabang ACT, bahkan di Palestina, Turki, hingga Eropa turut melakukan deklarasi ini,” kata Diwadia

Sementara itu, Ustadz Solihin Hasibuan mengatakan bahwa urusan Palestina bukan hanya urusan umat muslim, melainkan urusan kemanusiaan seluruh umat.

“Melalui gerakan KKIPP ini, kita berharap dapat menguatkan dukungan untuk kemerdekaan Palestina. Saya juga berharap gerakan ini dapat meluas ke seluruh elemen masyarakat dunia. Bukan hanya sekarang tapi seterusnya secara menyeluruh,” tutur Ustadz Solihin.

Tak hanya deklarasi untuk Palestina, dukungan berupa bantuan-bantuan kemanusiaan pun terus bergulir dari masyarakat.

Pemkot Palembang sendiri hingga kini telah menyalurkan donasi untuk membantu Palestina sebesar Rp257.036.000 dan masih akan terus dihimpun sampai cukup untuk membeli sebuah ambulance khusus branding berlogo Pemkot Palembang.

Pasca deklarasi KKIPP ini, kedepannya ACT akan terus memperbanyak program bantuan kemanusiaan untuk Palestina, seperti aksi bantuan pangan dan ekonomi, bantuan medis, infrastruktur, pendidikan, modal usaha, hingga diplomasi menjadi salah satu rangkaian yang diagendakan.(Ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *