111 Kades Terpilih Dilantik, Ini Pesan Moril Bupati Mura

IMG_20210630_155047

Musi Rawas, Sriwijaya Media – Bupati Musi Rawas (Mura) Hj Ratna Machmud melantik 111 Kepala Desa (Kades) terpilih se-Kabupaten Mura hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) 8 April 2021 lalu, dipusatkan di Auditorium Kantor Bupati Mura di Muara Beliti, Rabu (30/6/2021).

Pelantikan kades tetap mengedepankan protokol kesehatan (Protkes) Covid-19.

Bacaan Lainnya

Selain melantik ratusan kades, juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK desa oleh Ketua TP PKK Kabupaten Mura H Riza Novianto Gustam.

Bupati Mura Hj Ratna Machmud mengatakan kades merupakan harapan masyarakat. Jadi, masyarakat memilih bapak dan ibu sekalian menjadi kades, artinya mereka percaya dan menaruh harapan agar dapat membangun desa.

“Ingat dan syukuri jabatan ini, karena telah diberikan kepercayaan oleh masyarakat. Bekerjalah secara profesional, untuk masyarakat, dan transparan. Tunjukan kinerja baik, karena kades menjadi panutan mulai dari berpakaian maupun perilaku,” kata Bupati.

Hj Ratna Mahmud Amin mengingatkan kades tidak boleh sombong, dan selalu mengingat harapan masyarakat yang sangat besar.

Sebab, dalam proses sebelumnya banyak gejolak dan banyak yang ingin menunda kemenangan, namun akhirnya berjalan benar hingga dilangsungkan prosesi pelantikan.

“Jangan sampai kades melindungi aksi kejahatan, tunjukan perilaku baik dan jangan selingkuh. Bekerjalah seprofesional mungkin, belajarlah setiap hari, karena kades memiliki kebijakan dalam membuat kegiatan dan program di desa,” ingat Bupati.

Bupati menyampaikan, Pemkab Mura akan memberikan pembinaan agar kedepan kades di Kabupaten Mura tak tersandung hukum.

“Kembali saya ingatkan, hati-hati jangan bermain-main dengan anggaran, baik APBD maupuan APBN. Jalankan sesuai dengan aturan,” terang Bupati.

Saat ini, Covid-19 di Kabupaten Mura terus bertambah. Bupati meminta agar kades menjadi garda terdepan melakukan pencegahan dengan mensosialisasikan 5M kepada masyarakat serta memberikan contoh baik kepada masyarakat.

“Silakan koordinasikan dengan Camat, Dinas Kesehatan (Dinkes), termasuk dengan TNI/Polri, dalam upaya penanganan Covid-19,” jelas Bupati.

Bupati mengucapkan selamat dan sukses kepada Ketua TP PKK desa yang dilantik dan berharap dapat melanjutkan tugas pokok, sesuai 10 program pokok PKK sekaligus mendampingi dan memberikan motivasi kepada kades dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mura H Riza Novianto Gustam mengucapkan selamat atas amanah yang diberikan ini, untuk menjalankan tugas mendampingi kades menjalankan visi misi Mura Mantab.

Menurut dia, menjadi Ketua TP PKK desa itu tidak mudah, butuh pengorbanan dan meluangkan waktu untuk mau turun ke masyarakat. Karena tugas PKK untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dan meningkatkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga dalam 10 program PKK.

“Diantara program itu, ada yang selalu disebutkan yakni masalah Posyandu agar lebih diberdayakan. Selain itu, sukseskan program vaksinasi, guna menekan penyebaran Covid-19,” paparnya. (Zul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *