Tindaklanjuti Instruksi Ketum DPP PDIP, Baguna Sumsel Simulasi Penanggulangan Banjir

IMG_20210526_195055

Palembang, Sriwijaya Media – Mengatasi bencana kebakaran, banjir, dan sebagainya menjadi suatu permasalahan yang dihadapi setiap provinsi, kabupaten dan kota.

Atas dasar itu, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumsel melalui sayap partainya yakni Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) memberikan atensi khusus atas permasalahan itu.

Bacaan Lainnya

Ketua Baguna Sumsel Dedi Supriyanto didampingi Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Alam DPD PDIP Sumsel Ikke Mayasari, Rabu (26/5/2021) menerangkan Baguna ini mencakup dari Search Rescue and Humanity.

“Makanya kita mengadakan simulasi penanggulangan bencana banjir di Kota Palembang dengan mengambil tema “Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya”,” katanya.

Dalam simulasi ini, pihaknya melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel untuk memberikan arahan, masukan, dan juga memaparkan cara menanggulangi bencana banjir.

Dia mengaku aksi simulasi ini menindaklanjuti instruksi Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP bahwasanya PDIP harus ikut membantu Basarnas di lapisan kedua, membantu dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

“Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, maka kita batasi sekitar 50 peserta, terdiri dari Tim Baguna Provinsi Sumsel, Baguna Kota Palembang, Palang Merah Indonesia (PMI), dan juga Rukun Tetangga (RT) diwilayah Kota Palembang,” ungkapnya.

Dia berharap tim Baguna, baik provinsi, kota ataupun kabupaten, serta PMI dapat lebih mengerti bagaimana cara atau protokol dalam penanggulangan bencana.

Karena tidak semua orang mengerti bagaimana penanggulangan terhadap korban-korban bencana alam.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Provinsi Sumsel Susanto Azis menambahkan simulasi ini merupakan  bentuk tanggung jawab terhadap apapun yang dihadapi oleh rakyat, terutama untuk permasalahan bencana alam.

“Kita sudah mendapatkan perintah langsung dari Ketum DPP PDIP untuk melakukan kerjasama dengan Basarnas, PMI, dan BPBD. Ini akan dituangkan didalam hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) nantinya,” pungkasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *