Forum Komunikasi Anak Papua Jakarta Gelar Diskusi Virtual, Ini Bahasannya

IMG_20210528_195115

Palembang, Sriwijaya Media-Forum Komunikasi Anak Papua Jakarta menggelar diskusi virtual membahas tentang manfaat eksistensi Otonomi Khusus (Otsus) Papua, pada Kamis (27/5/2021).

Ketua Forum Komunikasi Anak Papua Semmy Jenggo menyatakan Otsus ini bukan hanya berbicara mengenai Papua saja, namun impactnya akan dirasakan oleh daerah-daerah lain, terutama dalam hal pembangunan.

Oleh karena itu, pemerintah harus fokus dalam menangani Otsus di Papua.

“Penolakan Otsus di Papua dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya penyelewengan terhadap dana yang disediakan untuk Otsus. Hal itu mengakibatkan mangkraknya program pembangunan pada Otsus itu sendiri, ditambah dengan provokasi pihak ketiga yang membuat masyarakat berpikir negatif terhadap kelanjutan Otsus di Papua,” terangnya.

Terkait penolakan perpanjangan Otsus Papua, Semmy berharap pemerintah mengingat kembali cara Gus Dur membentuk Otsus Papua dengan mengumpulkan kelompok-kelompok masyarakat untuk berdiskusi bersama membahas kemajuan Papua.

Semmy mengajak masyarakat Papua dan masyarakat pada umumnya untuk mendukung pembangunan tanah Papua.

“Mari kita bersama menerima Otsus guna untuk membangun tanah Papua. Karena Papua masih termasuk daerah di Nusantara. Untuk masyarakat lain, mohon jangan memandang negatif terkait masih adanya penolakan dari masyarakat Papua itu sendiri dan tingkatkan kebersamaan kita untuk menjaga keutuhan negara,” jelasnya. (Ocha/rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *