Ini Tips Sehat Ala Kabid Humas Polda Sumsel Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H Ditengah Pandemi Covid-19

IMG_20210429_213123

Palembang, Sriwijaya Media-Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi, MM., memberikan tips sehat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah ditengah pandemi Covid-19.

Menurut Supriadi, hendaknya masyarakat tetap waspada dalam beraktifitas sehari-hari ataupun dalam melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 karena ini merupakan sebuah tantangan bagi setiap orang.

Bacaan Lainnya

Selain harus menahan lapar lebih dari 12 jam, semua pihak juga dituntut untuk selalu bisa menjaga kesehatan agar tidak mudah tertular virus Corona.

“Kita ketahui bahwa Palembang saat ini zona merah. Untuk itu, mari kita tingkatkan penerapan prokes dalam aktifitas sehari-hari dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, hindari kerumunan dengan menjaga jarak, rajin memakai masker. Apalagi sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri yang tentunya mobilitas masyarakat sangatlah aktif dan mengundang banyak orang. Meski demikian, Ramadhan dan Idul Fitri tetap bisa kita lalui dengan hikmat,” ucap Kombes Pol Supriadi, Kamis (29/4/2021).

Apalagi jika menerapkan tips-tips sehat dan produktif selama bulan puasa merupakan moment untuk memperbanyak ibadah, mulai dari sebelum terbit hingga terbenam matahari.

Kesehatan tubuh selama berpuasa sebulan penuh harus lebih dijaga agar ibadah ini bisa berjalan dengan lancar. Apalagi ditengah pandemi Covid-19.

Kabid Humas menyarankan 7 tips menjalani puasa ditengah pandemi,  menurut Dr Meva Nareza dalam laman Halo Dokter.

“Virus Corona sangat cepat menyebar dan mudah menimbulkan infeksi, khususnya pada orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, kamu tidak boleh mengabaikan tindakan pencegahan penularan virus yang menyerang sistem pernapasan ini dengan cara menjaga daya tahan tubuh,” paparnya.

Agar tetap sehat dan produktif selama menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19, terapkanlah beberapa tips berikut: pertama penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan; tetap aktif dan rutin berolahraga; istirahat yang cukup; jalani ibadah di rumah; silaturahmi dengan cara lain; tetap lakukan vaksinasi; urungkan niat untuk mudik.

Dengan menerapkan tips-tips diatas selama bulan Ramadan, maka bisa tetap beribadah dengan lancar sekaligus menjaga kesehatan dan menekan penyebaran virus Corona.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan tindakan pencegahan, seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, mengenakan masker ketika sakit atau saat berada di luar rumah, serta menerapkan etika batuk dan bersin.

“Jika kamu atau anggota keluarga di rumah mengalami gejala infeksi virus Corona, segera lakukan isolasi mandiri dan hubungi hotline Covid-19 di 119 Ext. 9 untuk mendapatkan arahan lebih lanjut. Bila masih memiliki pertanyaan terkait penyakit Covid-19, kamu bisa chat langsung dengan dokter melalui aplikasi HALODOKTER. Di aplikasi ini, kamu juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit,” jelasnya.(Ocha/rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *