Disdik Sumsel Apresiasi Webinar TCL SMAN Sumsel

IMG_20210319_192239

Palembang, Sriwijaya Media – Setelah sukses melaksanakan webinar Teacher Learning Center (TLC), lagi-lagi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menggelar webinar, dengan mengambil tema “Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mengarahkan Minat dan Bakat Siswa.”

Webinar menggunakan platform Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube SMAN Sumsel. Webinar ini berhasil mencapai sekitar 700 pendaftar yang tergabung dalam tautan Zoom.

Bacaan Lainnya

Dalam webinar antar bangsa ini, hadir 3 (tiga) narasumber, yaitu Dr Mariah Kamarudin, Ketua Unit Bimbingan dan Kaunseling JIP, IPG, Kampus IPOH Malaysia Dr Fitri Wahyuni, M.Pd., Dosen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang Bagus Abdillah, M.Pd., konselor SMAN Sumsel yang juga merupakan founder Konselingpedia.com.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel H Masherdata Musa’i, SH., M.Si., mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh SMAN Sumsel.

“Kami berpesan agar setiap sekolah memiliki dedikasi untuk dapat terus memberikan terobosan baru bagi dunia pedidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Dosen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang Bagus Abdillah, M.Pd., menambahkan dipilihnya topik webinar kali ini karena banyak peserta didik yang sebenarnya memiliki potensi minat dan bakat. Namun masih ada beberapa konselor di sekolah yang kurang tepat dalam mengarahkan minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik.

“Karena saat ini masih momen PPDB SMA, sekolah pastinya akan menggunakan instrumen, yang salah satunya ialah minat dan bakat untuk menentukan peminatan sains atau sosial untuk peserta didik,” terangnya.

Kepala SMAN Sumsel Iswan menuturkan pihaknya mengapresiasi jalannya webinar hari ini.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh tim TCL SMAN Sumsel. Apalagi kegiatan ini menghubungkan 2 negara antara rekan kita di Malaysia serta kita yang berada di Indonesia, khususnya yang berada di Sumsel. Semoga kita selalu bisa memberikan manfaat kepada semua orang. Tidak hanya guru namun juga dunia pendidikan di Sumsel dan Indonesia secara umum,” jelasnya.

Lanjutnya, TCL sendiri merupakan sebuah unit kegiatan belajar guru yang didirikan untuk belajar dan berkembang, tidak hanya guru yang ada di Sumsel tetapi juga seluruh guru yang ada di Indonesia yang diharapkan bisa mengakses berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

“Kedepannya, kegiatan seperti ini akan tetap kami adakan karena hal ini cukup memberikan kontribusi yang baik bagi peningkatan kemampuan guru-guru,” paparnya.

Ditambahkannya, terlebih topik webinar hari ini adalah peran bimbingan dan konseling dalam mengarahkan minat dan bakat siswa, sesuatu yang sebenarnya menjadi keseharian sekolah tetapi menjadi sebuah kebingungan pada saat guru harus menentukan ke mana anak-anak tersebut akan dijuruskan.

“Sehingga melalui webinar kali ini diharapkan guru-guru maupun peserta mendapatkan sebuah pencerahan dan informasi untuk melaksanakan penjurusan siswa di sekolahnya berdasarkan apa yang sudah disampaikan oleh pemateri,” tegasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *