PEPELINGASIH Terbentuk, Ini Wejangan Kepala Dispora Sumsel

IMG_20210204_200938

Palembang, Sriwijaya Media – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel Achmad Yusuf Wibowo secara resmi mengukuhkan dan melantik pengurus Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (PEPELINGASIH) Sumsel periode 2021-2023, di Aula Dispora Sumsel, Kamis (4/1/2021).

“Alhamdulillah kini Gubernur sekaligus duta PEPELINGASIH Sumsel Eka Meynia dan pengurus lainnya sudah dikukuhkan. PEPELINGASIH Sumsel adalah mitra strategis Dispora Sumsel, dan mitra strategis pemerintah dalam memerangi sampah,” kata Kepala Dispora Sumsel Achmad Yusuf Wibowo.

Menurut dia, keberadaan PEPELINGASIH ini diharap dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat, khususnya diusia 16 sampai 18 tahun, pemberdayaan usia 18 sampai 22 tahun, dan pengembangan pada usia 24 sampai 30 tahun.

Sesuai Undang-Undang No 18/2008 tentang pengelolaan sampah, masih kata dia, maka setiap warga negara mempunyai turut andil dalam pengelolaan persampahan.

“Penyadaran dimulai dari keluarga inti dirumah agar tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

PEPELINGASIH Terbentuk, Ini Wejangan Kepala Dispora Sumsel
Pengurus PEPELINGASIH Sumsel periode 2021-2023 berfoto bersama.usai dilantik di Aula Dispora Sumsel, Kamis (4/1/2021)

Secara kelembagaan, PEPELINGASIH ini akan mengawal para pemuda sesuai dengan usia untuk memberi penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan pemanfaatan sampah hingga tahun 2030.

“Insya Allah Indonesia akan terbebas dari sampah. Nanti mimpi kita itu tidak ada lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena sampah ini akan dimanfaatkan untuk kehidupan itulah mimpinya, dan insya allah bisa terlaksana,” katanya.

Sementara itu, Gubernur PEPELINGASIH Sumsel Eka Meynia menambahkan program ini lahir karena ada rasa keprihatinan terhadap lingkungan yang ada di Sumsel, terutama dalam permasalahan sampah.

Dalam hal ini, pemuda harus berperan aktif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Keberadaan kami disini bertujuan untuk mengedukasi 20 anak muda terbaik di Kota Palembang mengenai sampah plastik, lingkungan, dan juga bagaimana mengkampanyekan ini agar bisa ware terhadap anak-anak muda di media sosial,” tegasnya.

Selain itu juga, pihaknya akan membuat duta koordinasi dibeberapa daerah di Sumsel agar lebih maksimal.

“Masih banyak program kerja kedepannya. Pastinya kita akan berkolaborasi dengan pemerintah dan organisasi lainnya,” pungkasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *