Bagikan SK Besaran ADD ke Desa di OKI, Ini Pesan Wabup Shodiq

  • Whatsapp
Kayuagung, Sriwijaya Media- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI membagikan SK besaran anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 314 desa dan 13 kelurahan di 18 kecamatan tersebar di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), bertempat di Kantor Pemkab OKI, Selasa (9/2/2021).
Pada tahun ini, ADD Kabupaten OKI akan diprioritaskan untuk penanganan Covid-19  dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhtula).
Kepada para kepala desa (Kades), Wakil Bupati (Wabup) OKI HM Dja’far Shodiq berpesan agar penggunaan DD dan ADD harus jelas dan sesuai kebutuhan masyarakat.
“Intinya kades diharapkan dapat lebih memprioritaskan kesejahteraan masyarakat,” pesan Shodiq.
Selain itu, Wabup OKI juga menyampaikan meskipun di tahun 2020 tidak ada kasus karhutla, namun Pemkab OKI hingga jajaran di desa harus tetap waspada dengan bencana tersebut.
“Untuk itu, kita terus lakukan pencegahan agar karhutla tidak terjadi atau seminimal mungkin dapat menekan potensi karhutla di OKI,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) OKI, Hj Nursula, S.Sos., dalam laporannya menyampaikan  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten OKI meliputi alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp114 miliar, Bagi Hasil Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan Hasil Lelang Lebak Lebung (L3) tahun 2019 yang dialokasikan kembali sebesar Rp8,3 miliar dan tahun 2020 sebesar Rp11.186.634.000. Sedangkan DD dialokasikan sebesar Rp297 miliar.
“ADD dapat digunakan untuk mengoptimalkan potensi desa sehingga tercipta perencanaan pembangunan yang dimulai dari desa yang dinamis dan seimbang,” ucap Nursula.
Mengingat pandemi yang belum berakhir, lanjut Nursula, penanganan Covid-19 dan dampak sosialnya tetap menjadi prioritas.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *