Wasit Ikuti Diklat, Kepala Dispora Sumsel Harapkan Hal Ini

IMG_20201221_190849

Palembang, Sriwijaya Media – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel Yusuf Wibowo, secara resmi membuka kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) serta refreshing wasit nasional (wasna) Kyorugi, wasit daerah (wasda) Kyorugi, dan Poomsae, diruang meeting Hotel Best Skip Palembang, Senin (21/12/2020).

“Kegiatan olahraga di masa pandemi Covid-19 di Indonesia sejalan dengan tagline Hari Olahraga Nasional Industri. Semula olahraga itu berorientasi pada prestasi dan kreasi, tapi sekarang merambah ke pariwisata dan industri. Untuk pariwisata sendiri adalah kedatangan para peserta ke Kota Palembang, sedangkan industrinya adalah event kegiatan ini merupakan bagian dari industri olahraga,” kata Yusuf.

Yusuf meyakini kegiatan olahraga ini akan berdampak pada pemulihan kegiatan keolahragaan, bisnis, dan lain-lain.

Ini sejalan dengan apa yang digariskan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), bahwa orientasi olahraga pada saat pandemi Covid-19. Sedangkan pesertanya sendiri yakni Sumatera Bagian Selatan meliputi  Jambi, Bengkulu, Sumsel, dan DKI dan hanya Lampung yang tidak mengirimkan oesertanya.

“Inikan refreshing wasit, jadi perlu peningkatan kompetensi wasit untuk diasah ulang, diberi pengetahuan dan pelajaran-pelajaran yang baru untuk kegiatan di Pekan Olahraga Nasional (PON), maupun pada Pekan Olahraga Pelajar ditahun depan di Palembang,” terangnya.

Nanti narasumber dari Pengurus Besar (PB) akan memberikan teknik maupun praktek-praktek dalam ilmu kewasitan.

Dia berharap kepada peserta bisa mengambil ilmu pada kegiatan ini, supaya kedepan jika memimpin suatu pertandingan bisa lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua Bidang Usaha dan Dana Pemprov Sumsel Azmi Candra, menambahkan kegiatan hari ini adalah resfresing wasit, diklat wasit nasional dan daerah.

“Ini merupakan kegiatan rutin PB Taekwondo Indonesia Sumsel, dan kebetulan alhamdulillah dari PB Taekwondo Indonesia memercayakan Sumsel sebagai tuan rumah,” ucapnya.

Dia melanjutkan bahwa wasit bertugas menjaga alur pertandingan supaya berjalan dengan benar.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *