Ikuti Program Internsip, Dinkes Sumsel Minta Dokter Tangani Pasien Covid-19 dan Sosialisasikan 3 M

IMG_20201110_192206

Palembang, Sriwijaya Media- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel melangsungkan pemberangkatan dan pembekalan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) angkatan IV periode November 2020, yang digelar di Ballroom Hotel Alts Palembang, Selasa (10/11/2020).

Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Sumsel M Rizal mengatakan, PIDI merupakan kelanjutan pendidikan profesi dokter. Pasca dilantik, para dokter melakukan uji kompetensi dan dinyatakan lulus harus mengikuti Program Internsip. Tujuannya adalah untuk menambah keterampilan, dan kemandirian.

Bacaan Lainnya

“Sebelum pandemi covid-19, Program Internship Dokter dilaksanakan selama 1 tahun. Namun kini program internsip dokter dilaksanakan selama 9 bulan. Ini harus diikuti, sebelum dokter ditempatkan di rumah sakit dan puskesmas,” katanya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, masih kata dia, para dokter akan menangani pasien Covid-19 sekaligus mensosialisasikan ke masyarakat akan pentingnya mematuhi aturan pemerintah terkait 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Sebelum ditempatkan, dokter dibekali program internsip, agar setelah dilapangan, mereka bisa membuat surat izin praktek (SIP) yang dikeluarkan di kabupaten/kota tempat mereka praktek. Program internsip ini wajib diikuti oleh dokter yang sudah dilantik,” tuturnya.

Untuk mengikuti program internsip ini, lanjut dia, para dokter harus memenuhi indikator yang dicapai. Jika belum tercapai, maka akan ditambah lagi waktunya. Namun, jika sudah sudah mencapai target, dokter dibolehkan membuka praktik.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *