Ciptakan Chief Security, 42 Satpam Ikuti Pelatihan Gada Utama Dengan Prokes Ketat

  • Whatsapp

Palembang, Sriwijaya Media-PT Bintang Perisai Sakti bekerjasama dengan Baharkam Polri menggelar pelatihan Gada Utama Angkatan 2, bertempat di Hotel ATSL Palembang, Senin (23/11/2020).

Selama pelaksanaan pelatihan, peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (prokes) yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Bacaan Lainnya

Ketua BPD ABUJAPI Sumsel, Novembriono mengatakan, ini merupakan pelatihan pendidikan satpam kualifikasi garda pertama yang diikuti 42 peserta. Untuk pengajarnya langsung ditunjuk dari Baharkam Polri.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan personel satpam pada level manager atau Chief Security,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pemateri pelatihan ini dari anggota Polri, baik di Mabes atau Polda Sumsel. Bahkan ada akademis, praktisi dan asosiasi.

“Lama pendidikannya 6 hari, mulai dari Minggu pra test, test narkoba, rapid test. Senin pembukaan, kemudian Selasa masuk pelajaran, Rabu pelajaran kelas dan kamis pelatihan menembak,” tuturnya.

Lanjutnya, materi yang diajarkan level manajer mulai dari personal skill, HAM, masalah perencanaan, masalah inspestigasi, hingga menyangkut kepolisian masyarakat.

Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan personel satpam pada level manager atau Chief Security, sesuai dengan Pasal 16, PERKAP No 24/2007.

Pelatihan ini juga memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola badan jasa pengamanan, juga menjadi prasyarat badan jasa pengamanan untuk diberikan surat izin operasional.

“Untuk peserta kebanyakan memang berasal dari luar Palembang, disamping Aceh, Bengkulu, Jambi dan Padang,” jelasnya. (Ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *